Kamis 05 Dec 2013 16:43 WIB

Jokowi: Kebudayaan Indonesia Tidak Ada Tandingannya

Red: Citra Listya Rini
Joko Widodo (Jokowi)
Foto: Yogi Ardhi/Republika
Joko Widodo (Jokowi)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo mengakui kebudayaan nusantara belum banyak tergali dengan baik sehingga adat-istiadat tersebut belum dikenal luas masyarakat.

"Memang betul kebudayaan di Indonesia belum tergali dengan baik. Kita harus ngomong apa adanya," kata gubernur yang akrab disapa Jokowi ini usai meresmikan pembukaan Pagelaran Agung Keraton se-Dunia (World Royal Heritage Festival) di Jakarta, Kamis (5/12).

Karena itu, Jokowi menggagas Pagelaran Agung Keraton se-Dunia (World Royal Heritage Festival) yang diselenggarakan pada 5 hingga 8 Desember di Slasar Tugu Monumen Nasional (Monas).

Melalui kegiatan tersebut, ia berharap adat istiadat dan kekayaan budaya yang ada di keraton yang sangat agung sekali tidak tergerus oleh zaman.

"Kebudayaan keraton itu jangan sampai hilang satupun. Jangan sampai tergerus oleh arus modernisasi , jangan sampai hilang," ujar Jokowi.

Karena kebudayaan nusantara itu tidak ada tandingannya dengan negara-negara lain di dunia. "Kekayaan budaya kita tidak ada tandingannya. Silakan bandingkan dengan negara lain, itu aja," lugas Jokowi.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement