Sabtu 07 Dec 2013 14:21 WIB

Mobil Listrik Alternatif Cerdas Hemat BBM

Red: Karta Raharja Ucu
Mobil listrik jenis bus di Balai Kota Bandung, Selasa (26/11).   (Republika/Edi Yusuf)
Mobil listrik jenis bus di Balai Kota Bandung, Selasa (26/11). (Republika/Edi Yusuf)

REPUBLIKA.CO.ID, SEMARANG -- Anggota Komisi VII DPR RI, Dewi Aryani menilai, mobil listrik salah satu alternatif cerdas dalam penghematan penggunaan bahan bakar minyak karena ramah lingkungan. Selain mobil listrik dapat menekan anggaran konsumsi dan subsidi BBM.

"Dalam mencari solusi konsumsi bahan bakar minyak (BBM) yang terus meningkat, perlu dicarikan solusi yang jitu dan cerdas. Salah satu jawabannya adalah mobil listrik," kata Dewi Aryani, dalam seminar bertema "Menjajaki Potensi Pengembangan Mobil Listrik bagi Peningkatan Ekonomi Masyarakat di Kota Tegal di Tegal, Sabtu (7/12).

Berdasarkan data Kementerian Riset dan Teknologi pada 2013, Dewi menjelaskan, lebih dari 50 persen konsumsi BBM nasional dihabiskan sektor transportasi, lebih dari 88 persen disumbang angkutan jalan dan 32 persen digunakan untuk mobil pribadi.

Dalam makalahnya berjudul 'Kendaraan Listrik untuk Transportasi Masa Depan', Dewi yang juga anggota Fraksi PDI Perjuangan DPR RI itu menegaskan upaya untuk mengurangi konsumsi BBM mutlak dilakukan pemerintah.