Sabtu 14 Dec 2013 10:08 WIB

'Dalam Perspektif Politik, Foto 'Selfie' Obama Tidak Aneh'

Red: Julkifli Marbun
Foto diri (selfie) Obama, Cameron dan Thorning-Schmid
Foto diri (selfie) Obama, Cameron dan Thorning-Schmid

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Walapun sempat menghebohkan dunia maya gaya foto narsis 'selfie' Presiden Barack Obama dkk pada prosesi pemakaman Nelson Mandela baru-baru ini dinilai merupakan sesuat yang biasa bila dilihat dari perspektif politik.

"Itu bukan bidang saya. Jadi kalau diminta berkomentar soal foto itu, saya membaca pada dimensi politiknya, karena di dalam foto itu ada 3 orang pemimpin politik dunia. Dalam perspektif politik, sebetulnya tidak ada yang aneh dari foto itu," kata pengamat politik Said Salahudin saat diminta pendapatnya mengenai isu tersebut dilihat dari kaca mata ke-Indonesiaan.

Menurut aktivis yang selalu berkutat mengenai masalah pemilihan umum ini, keakraban yang diperlihatkan oleh ketiga pemimpin dunia itu, Obama bersama Perdana Menteri Inggris, David Cameron dan Perdana Menteri Denmark, Helle Thorning-Schmid, merupakan sesuatu yang dapat dipahami.

"Itu bagian dari komunikasi politik yang wajar dan biasa ditemukan dalam banyak peristiwa yang lain. Gaya pemimpin negara barat pada umumnya memang demikian. Mereka cenderung santai dalam berhubungan dengan para pemimpin dunia yang lain. Ciri utamanya adalah diplomasi yang inklusif, khususnya saat para pemimpin itu bertemu di acara-acara kenegaraan yang sifatnya tidak resmi," katanya.