Senin 16 Dec 2013 03:39 WIB

Media Australia: Jokowi Kartu Liar untuk Indonesia

Red: Julkifli Marbun
Jakarta governor Jokowi (right with red scarf) join the Jakarta Night Religious Festival parade on Monday, Oktober 14, 2013
Foto: ANTARA FOTO
Jakarta governor Jokowi (right with red scarf) join the Jakarta Night Religious Festival parade on Monday, Oktober 14, 2013

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Popularitas Joko 'Jokow' Widodo mencuat cukup tinggi di berbagai survei nasional. Terakhir sebuah survei menunjukkan adanya ketidakrasionalan masyarakat terhadap Gubernur Jakarta yang terkenal merakyat itu.

Ada yang menyebutnya 'Ratu Adil', 'Manusia Setengah Dewa' bahkan 'Nabi', semuanya pakai tanda petik. Berbagai sebutan itu tentu bernada positif dan negatif terhadap sosok yang terkenal ramah ke masyarakat kecil dengan aktivitas blusukannya dan mudah tersenyum itu.

Pro dan kontra itu pula yang telihat dalam sebuah artikel The Australian, 24 September lalu dalam 'Jokowi a wild card for Indonesia' atau Jokowi Kartu Liar untuk Indonesia.

Artikel tersebut kira-kira membahas, apakah sosok Jokowi, yang diprediksi bakal menang mudah, bila dizinkan Ketua Umum Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) sebagai Calon Presiden di Pemilu 2014, seorang pro ekonomi rakyat atau bukan.