Jumat 27 Dec 2013 06:12 WIB

YPTB Minta Pers Australia Segera Bertindak

Red: Julkifli Marbun
Pencemaran laut timor karena meledaknya ladang minyak Montara
Foto: wordpress
Pencemaran laut timor karena meledaknya ladang minyak Montara

REPUBLIKA.CO.ID, KUPANG -- Yayasan Peduli Timor Barat (YPTB) pimpinan Ferdi Tanoni meminta pers Australia segera bertindak dan melakukan pembelaan terhadap seorang jurnalis Australia, Alan Morison yang sedang mendapat ancaman hukuman di Thailand.

"Pembelaan tersebut antara lain dengan mendesak Pemerintah Federal Australia melakukan tuntutan pidana terhadap perusahaan negara Thailand, PTTEP Australasia yang telah melakukan kejahatan kemanusiaan menyusul tragedi Montara 2009 di Laut Timor," kata Tanoni di Kupang, Kamis.

Tanoni yang mengutip laporan jaringan YPTB dari Canberra, Australia menyebutkan mantan editor harian The Age Melbourne itu sedang menghadapi ancaman hukuman hingga lima tahun penjara setelah didakwa pada malam Natal atas laporannya yang dinilai telah menghancurkan reputasi Angkatan Laut Thailand ke dalam kehinaan.

Alan Morison dalam sebuah media online "Phuketwan" lima bulan lalu menerbitkan sebuah tulisan dengan mengutip paragraf dari sebuah artikel yang dilansir Reuters yang mengupas tentang penanganan pemerintah Thailand terhadap para pencari suaka Rohingya dari Myanmar.