Sabtu 28 Dec 2013 02:48 WIB

Mikhail Kalashnikov Dimakamkan dengan Upacara Kenegaraan

Red: Dewi Mardiani
Mikhail Kalashnikov memegang senjata serbu rancangannya, AK-47.
Foto: AP/Jens Meyer
Mikhail Kalashnikov memegang senjata serbu rancangannya, AK-47.

REPUBLIKA.CO.ID, MOSKOW -- Mikhail Kalashnikov, perancang senapan serbu AK-47 yang tersohor, dimakamkan dengan upacara kenegaraan di taman makam pahlawan di luar kota Moskow, Jumat (27/12).

Presiden Rusia Vladimir Putin dan Menteri Pertahanan Sergei Shoigu merupakan dua diantara sejumlah pejabat tinggi yang hadir untuk memberikan penghormatan terakhir terhadap Kalashnikov, yang dimakamkan di Kompleks Pemakaman Militer di kota Mytischi.

Putin menaruh dua tangkai bunga mawar di atas peti mati dan prajurit militer memberikan penghormatan terakhir dengan berondongan tembakan dari senapan buatan Kalashnikov, AK-47. Perancang senjata tersebut wafat dalam usia 94 tahun pada Senin di kampung halamannya, Izhvesk, yang berjarak 1.300 kilometer dari kota Moskow.

Menurut laporan Xinhua yang dikutip Sabtu (28/12), Putin yang menyampaikan bela sungkawa kepada keluarga Kalashnikov mengatakan "pria yang memiliki bakat dan komitmen luar biasa telah tiada, Kalashnikov merupakan tokoh penting dalam sejarah Rusia."