Senin 30 Dec 2013 23:40 WIB

Pendemo Thailand Blokir Tempat Pendaftaran Peserta Pemilu

Rep: Gita Amanda/ Red: Dewi Mardiani
Demonstran antipemerintah Thailand
Foto: Reuters
Demonstran antipemerintah Thailand

REPUBLIKA.CO.ID, BANGKOK -- Para calon yang akan mendaftarkan diri dalam pemilihan umum 2 Februari mendatang di beberapa provinsi selatan Thailand tak dapat mengajukan aplikasi mereka. Para pemrotes antipemerintah terus memblokir tempat pendaftaran tersebut selama tiga hari hingga Senin (30/12).

Dilansir dari Thai News Agancy (TNA), para pengunjuk rasa dari Komite Rakyat Demokratik Reformasi menuntut diselenggarakannya reformasi politik sebelum pemilu. Mereka melancarkan aksinya dengan memblokir pintu masuk sekolah, yang merupakan tempat pendaftaran peserta pemilu di provinsi selatan Phatthalung. Mereka juga mencegah pejabat Komisi Pemilu untuk melakukan tugas.

Aparat kepolisian dan direktur Komisi Pemilu terus mendesak pengunjuk rasa untuk membuka pintu masuk. Namun mereka tak mengizinkan siapa pun masuk tempat tersebut.

Situasi serupa terjadi di provinsi resor Krabi. Para pengunjuk rasa memblokir setiap rute yang mengarah ke kantor Komisi Pemilu provinsi. Pejabat Komisi Pemilu tak dapat melakukan tugas mereka, sementara direksi dari ketiga konstituen mengundurkan diri.