Rabu 08 Jan 2014 00:33 WIB

Red: Sadly Rachman

Sang 'Black Panther' Tutup Usia, Berkabung Nasional di Portugal

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Puluhan ribu orang hari Senin (6/1) hadir dalam penghormatan bagi Eusebio da Silva Ferreira ketika jenazah pesepakbola legendaris Portugal itu diangkut dalam iring-iringan pemakaman melewati ruas-ruas jalan di Lisbon.

Warga memadati banyak kantor dan kafe ditengah hujan Senin sore dan bertepuk tangan ketika mobil jenazah yang dikawal sepeda motor polisi melintas. Lalulintas dihentikan di ruas-ruas jalan utama ibukota itu dan iring-iringan berhenti untuk sebuah acara di balai kota.

Pemerintah menyatakan masa berkabung nasional tiga hari setelah kematian Eusebio hari Minggu akibat gagal jantung pada usia 71 tahun.

Pemakaman itu dihadiri Perdana Menteri Portugal Pedro Passos Coelho dan banyak pemain sepakbola termasuk Luis Figo, mantan pemain terbaik dunia dan kapten timnas Portugal yang sudah pensiun.

Eusebio adalah bintang sepakbola internasional dan pahlawan nasional di masa jayanya di tahun 1960an bersama tim Benfica dan timnas Portugal. Ia menjadi salah satu pencetak gol terbanyak di dunia dan dianggap sebagai salah satu pemain terbaik dalam sejarah sepakbola. Ia dikenal dengan nama Black Panther karena fisik dan kelincahannya.

 

Video Editor: Kingkin Jiwanggo