Sabtu 11 Jan 2014 19:02 WIB

Hatta: Produk Halal Tingkatkan Daya Saing Indonesia

Red: Hazliansyah
Pameran Indonesia International Halal Expo (Indhex) 2013 di Jakarta.
Foto: Republika/Aditya Pradana Putra
Pameran Indonesia International Halal Expo (Indhex) 2013 di Jakarta.

REPUBLIKA.CO.ID, BOGOR -- Menteri Koordinator Perekonomian Hatta Rajasa menyatakan produk halal yang dihasilkan berpotensi mendorong daya saing bangsa Indonesia dan memajukan perekonomian.

"Produk halal adalah elemen penting dalam meningkatkan daya saing bangsa, karena produk-produk yang dihasilkan lebih berkualitas," ujar Hatta pada peresmian gedung Global Halal Center, Lembaga Pengkajian Pangan, Obat-obatan dan Kosmetik MUI di Kota Bogor, Sabtu.

Hatta mengatakan, hadirnya Global Halal Center LPPOM MUI diharapkan benar-benar dapat mewujudkan Indonesia sebagai pusat halal dunia, sebagaimana yang telah dicanangkan pada 24 Juni 2011.

Dia mengatakan, saat ini secara defacto terlihat jelas sudah ada 23 negara yang mengadopsi standardisasi halal yang dilakukan oleh Indonesia,

"Tren dunia sekarang, halal tidak hanya dinikmati masyarakat Muslim, tapi juga non-muslim, karena dijamin kebersihannya, kehalalannya sehingga ini menjadi produk yang banyak digemari," ujar Hatta.

Politisi PAN tersebut mengatakan, memasuki masyarakat ekonomi ASEAN, maka menjadi potensi besar bagi Indonesia untuk menghasilkan produk makanan yang memasok pasar dunia.

"Ini peluang sehingga di sini kita (Indonesia) bisa berperan. Dan mendorong daya saing kita serta memajukan perekonomian," ujarnya.

Menteri Koordinator Perekonomian Hatta Rajasa meresmikan gedung Global Halal Center milik Lembaga Pengkajian Pangan, Obat-obatan dan Kosmetik MUI bersamaan dengan syukuran ulang tahun ke-25 lembaga kajian sertifikasi halal tersebut.

Turut hadir dalam acara itu Ketua MUI KH Ma'ruf Amin, Wali Kota Bogor terpilih Bima Arya, Sekretaris Daerah Kota Bogor Ade Sarip Hidayat, dan perwakilan dari sejumlah negara tetangga.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement