Rabu 15 Jan 2014 06:04 WIB

Amerika Serikat Kecam Israel

Red: Nidia Zuraya
Israel (ilustrasi)
Foto: westernfreepress.com
Israel (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, ROMA -- Departemen Luar Negeri Amerika Serikat (AS) pada Selasa (14/1) mengecam komentar-komentar Menteri Pertahanan Israel Moshe Yaalon yang mengeritik rencana keamanan yang diajukan Menteri Luar Negeri AS John Kerry.

"Keterangan menteri luar negeri itu jika akurat bersifat ofensif dan tak pantas khususnya menyangkut semua yang Amerika Serikat berikan untuk mendukung kebutuhan keamanan Israel," kata wanita juru bicara Deplu AS Jennifer Psaki kepada wartawan menyusul kunjungan Kerry ke Vatikan.

Surat kabar Yediot Aharonot di Israel pada Selasa (14/1) melaporkan Menhan Yaalon mengatakan dalam pembicaraan pribadi dengan para pejabat Israel bahwa rencana Kerry 'tak sebanding kertas kerja yang ditulis'.

Menhan Yaalon juga menuding Menlu AS memiliki obsesi yang tak dapat dipahami tentang penyelesaian konflik Israel-Palestina, dengan menuduh Kerry bersifat naif dan secara tak langsung mengatakan dia merupakan gangguan. "Rencana itu tak memberikan keamanan dan juga perdamaian," kata dia seperti dilansir harian itu.