Ahad 19 Jan 2014 18:51 WIB

Komunitas 'Lapo Julu' Bantu Korban Bencana Sinabung

Red: Julkifli Marbun
  Gunung Sinabung memuntahkan lava panas seperti yang terlihat dari Desa Jeraya, Sumatera Utara, dalam foto yang diambil pada Ahad (5/1).   (AP/Binsar Bakkara)
Gunung Sinabung memuntahkan lava panas seperti yang terlihat dari Desa Jeraya, Sumatera Utara, dalam foto yang diambil pada Ahad (5/1). (AP/Binsar Bakkara)

REPUBLIKA.CO.ID, BALIGE -- Komunitas "Lapo Julu" Balige, Kabupaten Toba Samosir, menyerahkan bantuan logistik bagi korban bencana erupsi Gunung Sinabung, Sumatera Utara ke Posko penampungan pengungsi Paroki Kabanjahe, guna meringankan beban warga yang tertimpa musibah tersebut.

"Bantuan logistik berupa sembako yang diberikan, sebagai bentuk kepedulian dalam meringankan penderitaan para korban bencana yang tersebar di berbagai Posko penampungan," ujar Juru bicara Komunitas Lapo Julu, Lasmaida Pardede di Balige, Ahad.

Atas kondisi yang dialami para pengungsi bencana Sinabung, kata Lasmaida, secara spontan anggota komunitas mereka langsung menghimpun sejumlah dana, kemudian menyediakan berbagai bahan pokok keperluan sehari-hari, untuk selanjutnya dapat didistribusikan melalui Posko penerima bantuan.

"Lapo Julu", sebut dia, merupakan wadah berdiskusi tentang berbagai hal bagi sejumlah pemerhati sosial di Kota Balige, pinggiran Danau Toba, ibukota Kabupaten Toba Samosir, berada sekitar 250 kilometer dari Medan, Sumatera Utara.