Senin 27 Jan 2014 13:30 WIB

Bus Masuk Jurang Enam Penumpang Luka Serius

Red: Taufik Rachman
Bus yang terjatuh ke jurang
Foto: metrosiantar
Bus yang terjatuh ke jurang

REPUBLIKA.CO.ID,PATI--Bus penumpang PO Kemenangan yang mengangkut 17 penumpang jurusan Jakarta-Madura, Senin pagi masuk jurang di Jalan Sukolilo-Pati, dan mengakibatkan enam penumpang mengalami luka serius.

Menurut Kapolsek Sukolilo AKPP Suroyoto di Pati, Senin, kecelakaan yang dialami bus PO Kemenangan tersebut, terjadi sekitar pukul 09.00 WIB di Jalan Sukolilo-Pati, Desa Sukolilo, Kecamatan Sukolilo, Pati.

Kronologis kejadian, katanya, berawal ketika bus bernopol AE-7216-UN jurusan Jakarta-Madura melewati tikungan tajam dan turunan curam.

Bus tersebut, menurut dia, mencoba memilih jalur lewat Grobogan-Pati, guna menghindari kemacetan arus lalu lintas di Demak dan Kudus akibat adanya banjir yang terjadi di Kudus.

Saat melewati turunan curam dengan posisi gigi tiga tersebut, katanya, sopir kehilangan kendali, karena diduga bus mengalami rem blong. "Sopir sudah berupaya menghentikan laju kendaraan dengan menabrakkan tiang telepon, namun bus tetap melaju," ujarnya.

Bus yang dikemudikan M. Aidil Fitra (49) warga Cicalengka, Kabupaten Bandung itu, akhirnya terhenti setelah menabrak rumpun bambu, kemudian bus terguling dan masuk ke jurang sedalam 10 meter di sisi kanan jalan.

Proses evakuasi korban, katanya, berjalan sekitar 1 jam, karena sekitar pukul 10.00 WIB, semua penumpang berhasil dievakuasi.

Belasan penumpang bus naas yang saat ini masih dalam proses identifikasi tersebut, berhasil dikeluarkan lewat kaca depan bus yang pecah.

Evakuasi korban, lanjut dia, melibatkan personel kepolisian, warga dan petugas medis dari Puskesmas Sukolilo.

Korban selanjutnya dirujuk ke Rumah Sakit Sukolilo, Pati, untuk mendapatkan perawatan.

Akibat kecelakaan tersebut, bus mengalami kerusakan parah pada bagian depan dan sisi kanan badan bus.

Arus lalu lintas yang melintasi Jalan Sukolilo-Pati tersebut, tidak terganggu oleh peristiwa kecelakaan tersebut.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement