Rabu 29 Jan 2014 11:20 WIB

BMKG Peringatkan Gelombang Tinggi di 5 Provinsi

Rep: Amri Amrullah/ Red: Dewi Mardiani
Gelombang tinggi. Ilustrasi
Foto: 2space.net
Gelombang tinggi. Ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memperingatkan kepada masyarakat di beberapa wilayah pesisir ancaman gelombang tinggi, khususnya di lima provinsi. Informasi ini bersumber dari website BMKG, Rabu (29/1), terkait peringatan dini cuaca di beberapa provinsi Indonesia.

Kelima wilayah tersebut diantaranya Kepulauan Riau (Kepri), Jambi, Bangka Belitung, Kalimantan Barat (Kalbar) dan Nusa Tenggara Timur (NTT). Untuk di wilayah Kepri gelombang tinggi terjadi di laut Natuna, sekitar kepulauan Natuna dan kepulauan Anambas, dengan tinggi gelombang 2 hingga 3 meter.

Di wilayah Jambi, ancaman gelombang tinggi 2 hingga 3 meter di perairan Jambi. Di wilayah Bangka Belitung, terjadi di seluruh perairan Bangka Belitung dengan ketinggian gelombang 2 hingga 3 meter. Selain itu di wilayah Bangka Belitung ancaman angin kencang mungkin terjadi dan menambah tinggi gelombang.

Di wilayah Kalbar, ketinggian gelombang mencapai 2 hingga 3 meter. Di wilayah NTT ketinggian gelombang bahkan diperkirakan mencapai 3 hingga 6 meter, yang terjadi di sekitar Laut Flores dan Samudra Hindia di selatan kota Kupang.

Sedangkan cuaca di beberapa daerah pada Rabu (29/1) seperti Jabodetabek, Jawa Tengah, dan Banten cuaca diperkirakan akan turun hujan dengan intensitas sedang hingga lebat disertai angin kencang.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement