Rabu 29 Jan 2014 14:25 WIB

KM 72 Cipularang Bukan Lokasi Rawan Gerakan Tanah

Rep: Ita Nina Winarsih/ Red: Dewi Mardiani
Ruas jalan di Tol Cipularang ambles (ilustrasi)
Foto: ANTARA FOTO
Ruas jalan di Tol Cipularang ambles (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, PURWAKARTA -- PT Jasa Marga mengeklaim KM 72+800 dari arah Jakarta menuju Bandung, yang masuk ke Desa Cigelam, Kecamatan Babakan Cikao, Purwakarta, Jawa Barat, bukan termasuk rawan gerakan tanah.

Direktur Operasional PT Jasa Marga, Hasanudin, mengatakan KM 72 ini bukan termasuk lokasi yang diwaspadai gerakan tanah tinggi. Namun, karena curah hujan yang turun akhir-akhir ini cukup tinggi, mengakibatkan lokasi itu ambles. Akibat, tanahnya mengalami pergeseran.

"Berdasarkan catatan kami, di sepanjang Tol Cipularang ini ada tujuh titik yang diwaspadai gerakan tanah tinggi," ujarnya, Rabu (29/1). Salah satu lokasi yang paling diwaspadai yaitu KM 91 dan 92. Gerakan tanah di lokasi itu cukup tinggi, sehingga sering terjadi tanah longsor dan jalan ambles.

Di KM 72 ini tidak termasuk dalam daftar lokasi yang di waspadai. Namun, tetap saja terjadi gerakan tanah yang mengakibatkan jalan ambles. "Makanya, kami heran di lokasi ini terjadi gerakan tanah yang mengakibatkan jalan ambles," ujarnya.

Usut punya usut, lanjutnya, selain karena curah hujan tinggi, di bawah jalur KM 72 ini terdapat aliran sungai. Sungai ini ukurannya kecil. Tetapi, saat musim hujan, airnya meluap dan menggerus konstruksi pada lapisan bawah tanah. Jadi, katanya, tak heran kalau jalannya mengalami ambles.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement