Rabu 29 Jan 2014 21:54 WIB

Golkar: Tingkatkan Kualitas Infrastruktur Pascabanjir

Rep: Asep K Nurzaman/ Red: Maman Sudiaman
Harry Azhar Azis
Harry Azhar Azis

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Banjir yang melanda Jakarta dan sejumlah daerah lain pada Januari ini telah merusak berbagai infrastuktur dengan perkiraan kurugian sekitar Rp 50 triliun. Belajar dari peristiwa ini Partai Golkar mendesak pemerintah unttuk meningkatkan kualitas pembangunan infrastruktur di seluruh wilayah Indonesia agar bisa lebih tahan terhadap deraan bencana seperti banjir.

"Apalagi, selama ini alokasi dana untuk infrastruktur cukup besar, maka kualitasnya pun haruslah tinggi,"  kata Wakil Ketua Komisi XI DPR dari Fraksi Golkar, Harry Azhar Azis, di Jakarta, Rabu (29/1).

Upaya meningkatkan kualitas infrastruktur itu, lanjut Harry, harus dilakukan sejak tahap awal pemerintah melakukan tender. Proses tender harus dilakukan minimal tiga bulan sebelum dimulainya tahun anggaran baru.

Ia mengakui bahwa sistem tender proyek infrastruktur pemerintah sudah membaik karena menggunakan e-procurement. Namun, pemerintah tetap harus melakukan pengecekan ke lapangan untuk melihat kualitas bahan-bahan yang digunakan oleh kontraktor pemenang tender.