Ahad 02 Feb 2014 14:14 WIB

Warga Cimanggis Tanam 500 Pohon di Sempadan Ciliwung

Rep: Hannan Putra/ Red: Maman Sudiaman
Menanam pohon
Foto: Republika/Edy Yusuf
Menanam pohon

REPUBLIKA.CO.ID, CIMANGGIS -- Relawan Gerakan Menabung Pohon (GMP) bersama-sama dengan petani setempat menggelar penanaman pohon di sempadan Kali Ciliwung Kelurahan Tugu Kecamatan Cimanggis, Kota Depok, Ahad (2/2). Setidaknya sekitar 500 pohon jenis jati kebon (jabon), akasia, dan gaharu mereka tanami di pinggiran Sungai Ciliwung tersebut.

"GMP ini merupakan kegiatan peduli lingkungan bersama-sama dengan masyarakat. Tujuannya, untuk pelestarian lingkungan seperti perlindungan terhadap pepohonan terutama di bantaran kali," ujar koordinator acara, Muslimin.

Relawan GMP merupakan gerakan dari Pertamina Foundation. Mereka bekerjasama dengan Relawan Petani Warga Tugu (RPWT) dalam aksi menanam tersebut.

Menurut Muslimin, visi GMP sendiri memang bertujuan sebagai pelopor gerakan sosial lingkungan yang berkelanjutan. Dengan 'menabung' pohon, berarti membuka suatu bidang kewirausahaan jika dipelihara secara berkelanjutan. Hasil dari pohon tersebut bisa dimanfaatkan untuk menopang roda perekonomian beberapa tahun kedepan.