Kamis 06 Feb 2014 17:16 WIB

Kemenakertrans Tawarkan Solusi Pengangguran Usia Muda

Red: Julkifli Marbun
Muhaimin Iskandar
Foto: Republika-Aditya Pradana Putra
Muhaimin Iskandar

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Saat ini jumlah pengangguran muda di Indonesia masih cukup tinggi. Menteri Tenaga Kerja Muhaimin Iskandar mengatakan terbatasnya kesempatan kerja baru serta tidak adanya link and match antara kompetensi yang dimiliki tenaga kerja dengan pasar kerja menjadi salah satu penyebab masalah masih tingginya tingkat pengangguran usia muda di Indonesia.

Muhaimin mengatakan untuk menangani pengangguran kaum muda maka pemerintah berupaya memperbanyak pelatihan keterampilan kerja sesuai kebutuhan industri, penyebaran kewirausahaan, pengembangan sistem informasi pasar kerja mendorong berkembangnya perusahaan-perusahaan padat karya yang mampu menampung tenaga kerja dalam jumlah besar.

“Pemerintah terus memprioritaskan penciptaan lapangan pekerjaan baik formal maupun informal yang dipadukan dengan  program aksi pemberdayaan masyarakat untuk menciptakan kesempatan kerja yang lebih luas,” kata Menakertrans Muhaimin Iskandar di Jakarta pada Kamis (6/2/2014).

Muhaimin mengatakan pencari kerja dan pengangguran usia muda harus melengkapi kemampuannya dengan kompetensi kerja sehingga bisa dengan mudah menentukan lapangan pekerjaan yang sesuai dengan bakat, minat dan keinginannya.