Selasa 11 Feb 2014 21:46 WIB

Polisi Kantongi Perusak Pospol

Rep: Wahyu Syahputra/ Red: Karta Raharja Ucu
Pos Polisi Rusak: Petugas memeriksa bagian pintu yang hancur di Pos Polisi Bundaran Senayan, Jakarta Pusat, Ahad (9/2). Pospol TL CSW di Jalan Trunojoyo, Jakarta Selatan juga dirusak orang tak dikenal malam tadi.
Foto: Republika/Yasin Habibi
Pos Polisi Rusak: Petugas memeriksa bagian pintu yang hancur di Pos Polisi Bundaran Senayan, Jakarta Pusat, Ahad (9/2). Pospol TL CSW di Jalan Trunojoyo, Jakarta Selatan juga dirusak orang tak dikenal malam tadi.

REPUBLIKA.CO.ID, SEMANGGI -- Polda Metro Jaya sudah mengantongi nomor polisi dan jenis motor yang digunakan kelompok pengerusak dua pos polisi di CSW Trunojoyo dan Bundaran Senayan.

''Mereka pakai kaos, bercelana pendek, berambut cepak, tidak gunakan helm, kesan tidak patuh, mereka yang lain (pengendara) sudah berhenti, kesannya arogan,'' kata Kepala Bidang Humas Polda Metro Jaya, Kombes Rikwanto, di Jakarta, Senin (10/2).

Penerobos tersebut bahkan menantang petugas di lapangan sebelum akhirnya terjadi perkelahian. “Untuk jenis motor dan nopolnya sudah diketahui. Sedang diselidiki, mudah-mudahan bisa didapatkan pelakunya,” kata Rikwanto.

Rikwanto berkata, pihaknya sudah memeriksa petugas lalu lintas yang terlibat dalam insiden tersebut. Rencananya pemeriksaan akan kembali dilakukan kepada petugas untuk mendapatkan ciri khusus pengendara tersebut.

Dijelaskan Rikwanto, kasus perusakan dua pospol tersebut berawal dari kasus penerobosan rombongan Wapres yang ingin lewat di perempatan Kuningan, Jakarta Selatan. Tidak menutup kemungkinan, polisi akan berkordinasi dengan kesatuan lain, jika ternyata pelaku merupakan oknum aparat tertentu.

''Kalau indikasi mengarah ke oknum aparat, TNI, dan lain-lain, kita akan melibatkan pihak mereka. Untuk saat ini, kepolisian masih dalami ciri pelaku, dan kemungkinan dari mana berasalnya,'' ujar Rikwanto.

Rikwanto mengatakan, sekitar 20 motor yang merusak pos polisi di Trunojoyo dan Bundaran Senayan. Antara tiga sampai lima orang yang turun dari motor dan melakukan pelemparan dengan batu. “Kesaksian yang ada begitu, bergorombol, tiga sampai lima turun lempari pakai batu. Waktu melempar ada yang pakai helm ada yang tidak,” kata Rikwanto. Ia berujar, jika pelaku tertangkap, maka ia akan dikenakan pasal 170 KUHP tentang perusakan terhadap barang, ancaman hukuman lima tahun penjara.

Dua pos polisi di CSW Trunojoyo dan Bundaran Senayan dirusak oleh sekelompok orang. Polisi yang menyelidiki menarik laporan kebelakang tentang kemungkinan adanya penyambung kejadian penerobos rombongan wapres dengan perusakan pospol.

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
Advertisement
Yuk Ngaji Hari Ini
اَلَمْ تَرَ اَنَّ اللّٰهَ يَسْجُدُ لَهٗ مَنْ فِى السَّمٰوٰتِ وَمَنْ فِى الْاَرْضِ وَالشَّمْسُ وَالْقَمَرُ وَالنُّجُوْمُ وَالْجِبَالُ وَالشَّجَرُ وَالدَّوَاۤبُّ وَكَثِيْرٌ مِّنَ النَّاسِۗ وَكَثِيْرٌ حَقَّ عَلَيْهِ الْعَذَابُۗ وَمَنْ يُّهِنِ اللّٰهُ فَمَا لَهٗ مِنْ مُّكْرِمٍۗ اِنَّ اللّٰهَ يَفْعَلُ مَا يَشَاۤءُ ۩ۗ
Tidakkah engkau tahu bahwa siapa yang ada di langit dan siapa yang ada di bumi bersujud kepada Allah, juga matahari, bulan, bintang, gunung-gunung, pohon-pohon, hewan-hewan yang melata dan banyak di antara manusia? Tetapi banyak (manusia) yang pantas mendapatkan azab. Barangsiapa dihinakan Allah, tidak seorang pun yang akan memuliakannya. Sungguh, Allah berbuat apa saja yang Dia kehendaki.

(QS. Al-Hajj ayat 18)

Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement