Sabtu 15 Feb 2014 05:37 WIB

Presiden Uganda Akan Tandatangani RUU Anti-Gay

Rep: Satya Festiani/ Red: Bilal Ramadhan
Presiden Uganda Yoweri Museveni
Presiden Uganda Yoweri Museveni

REPUBLIKA.CO.ID, KAMPALA- Presiden Uganda Yoweri Museveni akan menandatangai Rancangan Undang-Undang (RUU) anti-gay yang telah disetujui oleh parlemen. Dengan disetujuinya RUU tersebut, perilaku gay dapat dikenai hukuman penjara.

Juru Bicara Kepresidenan Ofwono Opondo, seperti yang dikutip dari AP, Jumat (14/2), mengatakan Presiden Museveni akan menandatangani RUU tersebut setelah tim medis memberikan laporan bahwa homoseksual merupakan penyimpangan kelakukan sosial dan bukan hal yang genetik.

Namun Opondo tidak memberitahukan kapan Presiden akan menandatangani RUU tersebut.

Museveni sebelumnya tidak menyetujui RUU tersebut.Menurutnya, RUU tersebut telalu keras bagi kaum gay.

Ia menyebut kaum gay sebagai abnormal. RUU yang disetujui parlemen pada Desember lalu akan melegalkan hukuman penjara bagi tindakan-tindakan yang berkaitan dengan homoseksual. Para pendukung menyebut aturan tersebut dapat melindungi anak-anak Uganda dari para homoseksual yang berasal dari Barat.

Advertisement
Yuk Ngaji Hari Ini
وَمَا قَدَرُوا اللّٰهَ حَقَّ قَدْرِهٖٓ اِذْ قَالُوْا مَآ اَنْزَلَ اللّٰهُ عَلٰى بَشَرٍ مِّنْ شَيْءٍۗ قُلْ مَنْ اَنْزَلَ الْكِتٰبَ الَّذِيْ جَاۤءَ بِهٖ مُوْسٰى نُوْرًا وَّهُدًى لِّلنَّاسِ تَجْعَلُوْنَهٗ قَرَاطِيْسَ تُبْدُوْنَهَا وَتُخْفُوْنَ كَثِيْرًاۚ وَعُلِّمْتُمْ مَّا لَمْ تَعْلَمُوْٓا اَنْتُمْ وَلَآ اٰبَاۤؤُكُمْ ۗقُلِ اللّٰهُ ۙثُمَّ ذَرْهُمْ فِيْ خَوْضِهِمْ يَلْعَبُوْنَ
Mereka tidak mengagungkan Allah sebagaimana mestinya ketika mereka berkata, “Allah tidak menurunkan sesuatu pun kepada manusia.” Katakanlah (Muhammad), “Siapakah yang menurunkan Kitab (Taurat) yang dibawa Musa sebagai cahaya dan petunjuk bagi manusia, kamu jadikan Kitab itu lembaran-lembaran kertas yang bercerai-berai, kamu memperlihatkan (sebagiannya) dan banyak yang kamu sembunyikan, padahal telah diajarkan kepadamu apa yang tidak diketahui, baik olehmu maupun oleh nenek moyangmu.” Katakanlah, “Allah-lah (yang menurunkannya),” kemudian (setelah itu), biarkanlah mereka bermain-main dalam kesesatannya.

(QS. Al-An'am ayat 91)

Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement