Senin 17 Feb 2014 02:30 WIB

Penyelundupan Ponsel Marak di Penjara Negeri Paman Sam

Rep: Riga Iman/ Red: Citra Listya Rini
Penjara (Ilustrasi)
Foto: Daily Times
Penjara (Ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, FLORIDA -- Upaya penyelundupan barang ke dalam tahanan tidak hanya terjadi di Indonesia. Hal ini misalnya terjadi di penjara Amerika Serikat (AS) yang dominan menyelundupkan ponsel ke dalam tahanan.

Dikutip dari laman abcnews, Ahad (16/2), ponsel diselundupkan melalui popok bayi, paket sup mie instan, bola, soda kaleng, dan bahkan rongga tubuh. Hal ini menjadi masalah yang berkembang di penjara-penjara AS.

Pasalnya, ponsel tersebut bisa digunakan untuk membuat ancaman, rencana pelarian diri, dan menghasilkan uang dari kegiatan ilegal bahkan saat di balik jeruji besi.

‘’Anda dapat memilih tempat manapun di seluruh negeri dan anda akan melihat segala sesuatu diperintahkan dan dijalankan oleh para kriminal dari dalam penjara dengan ponsel,’’ kata Michael Crews, Kepala Departemen Perbaikan Florida.

Dicontohkan Crews, ketika dua pembunuh menjalani hukuman seumur hidup melarikan diri dari penjara Panhandle Florida musim gugur lalu, hasil penyelidikan dari sel mereka ditemukan bahwa ponsel digunakan untuk membantu merencanakan pelarian.

‘’Bagian yang menakutkan adalah, saat kita menemukan 4.200 ponsel dan kita tahu bahwa jumlah itu masih belum keseluruhan,’’ ujar Crews. Para Tahanan Florida juga telah menggunakan media sosial melalui ponsel mereka.

 

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement