Rabu 26 Feb 2014 10:04 WIB

Alhamdulillah, Seluruh Puskesmas di Depok Bakal Beroperasi 24 Jam

Rep: Rusdy Nurdiansyah/ Red: Bilal Ramadhan
Puskesmas
Foto: Republika/Musiron
Puskesmas

REPUBLIKA.CO.ID, DEPOK-- Untuk peningkatan pelayanan kesehatan masyarakat, Dinas Kesehatan (Dinkes) Pemerintah Kota (Pemkot) Depok, seluruh Puskesmas akan beroperasi 24 jam. Demikian hal itu terungkap dalam Forum Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Dinkes 2014 bertema Tuntas Pencapaian Target Renstra 2015 diHotel Bumi Wiyata, Depok, Jawa Barat (Jabar), Rabu (26/2).

Hadir dalam acara ini, anggota komisi D DPRD Kota Depok Lilis Latifa serta perwakilan dari Dinas, Kecamatan, Kelurahan, dan LSM se-Kota Depok. ''Kami akan mengupayakan untuk mempercepat pencapaian Rencana Program Jangka Menengah dan Panjang (PJMD) 2011-2016 agar dapat tercapai pada tahun 2015 nanti,'' ujar Kepala Dinkes Kota Depok Noezamanti Lies.

Untuk tercapainya percepatan tersebut, lanjut Lies, dilakukan berbagai macam program, dengan menjabarkan 14 program kegiatan yang akan dilaksanakan pada tahun 2015 mendatang. Program tersebut yaitu peningkatan promosi kesehatan, peningkatan pelayanan kesehatan dasar, pencegahan penyakit menular dan tidak menular, peningkatan kesehatan keluarga, peningkatan dan pengembangan jaminan pemeliharaan kesehatan, peningkatan kesehatan lingkungan, peningkatan kewaspadaan pangan dan gizi.

Selanjutnya, peningkatan kualitas SDM aparatur, pelayanan administrasi perkantoran, peningkatan sarana dan prasarana aparatur, peningkatan sistem pelaporan kinerja keuangan, peningkatan kualitas data dan perencanaan, pengembangan sistem pelayanan dan pengaduan berbasis teknologi informasi serta standarisasi pelayanan publik.

Dari program-program tersebut nantinya akan dilakukan beberapa kegiatan. Seperti program peningkatan pelayanan kesehatan dasar, nanti akan dilaksanakan 37 kegiatan dan ada indikator kinerjanya. Indikatornya itu adalah operasional Puskesmas 24 jam dan terbangunnya atau terehabnya Puskesmas,'' tutur Lies.

Selain pejabaran program, lanjut Lies, juga terdapat tanya jawab dan penyampaian aspirasi dari para hadirin yang datang. Beberapa hal yang menjadi masukan untuk Dinkes Depok antara lain seperti peningkatan penyuluhan penyakit DBD, pembuatan Septictank, serta pembuatan kartu BPJS secara kolektif.

"Semua aspirasi yang dikemukakan oleh peserta forum akan kami tampung dan akan kami masukkan ke Rencana Kerja Anggaran (RKA) Dinkes Depok. Semoga yang akan kita laksanakan dapat mencapai kesejahteraan yang baik bagi warga Depok," pungkas mantan Direktur RSUD ini.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement