Kamis 27 Feb 2014 15:33 WIB

Dua Calhaj OKU Batal Berangkat 2014

Red: Chairul Akhmad
Calon jamaah haji (ilustrasi).
Foto: Republika/Agung Supriyanto
Calon jamaah haji (ilustrasi).

REPUBLIKA.CO.ID, BATURAJA – Dua orang calon haji (calhaj) asal Kabupaten Ogan Komering Ulu, Sumatera Selatan, yakni A Syukur dari Kecamatan Baturaja Timur dan Mutadi asal Lubuk Raja batal berangkat ke Tanah Suci Makkah pada 2014.

"Mutadi sengaja membatalkan keberangkatannya tahun ini, karena ingin naik haji berbarangan dengan istrinya pada 2015, sedangkan A Syukur batal karena sakit," ujar Kepala Kantor Kementrian Agama Ogan Komering Ulu (OKU) Darami melalui Staf Urusan Haji, Arudji di Baturaja, Rabu (27/2).

Dia menjelaskan, secara keseluruhan total kuota calon haji (calhaj) OKU pada 2014 tercatat sebanyak 257 orang, namun yang siap untuk berangkat hanya 255 orang.

Dari angka itu calhaj terbanyak berasal dari Kecamatan Baturaja Timur tercatat 113 orang, disusul Sinar Peninjauan 53 orang dan Lubuk Raja 47 orang. Sementara calhaj yang paling sedikit dari Lengkiti dan Pengadonan masing-masing satu orang.

Menurut dia, angka itu sendiri jauh lebih banyak dibandingkan jumlah calhaj OKU pada 2013 yang hanya 180 orang dengan rincian 81 orang laki-laki dan 99 orang perempuan.

Sedangkan jika dilihat dari usia, dari 255 calhaj itu yang berusia paling muda atas nama Fera Bahtiar Cahyono Hasan (24) warga Dusun Rejo Mulyo Batumarta II, Kecamatan Lubuk Raja.

Sementara calhaj yang usianya paling tua atas nama M Sholeh bin Romli (83) warga Desa Pengaringan, Kecamatan Semidang Aji.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement