Selasa 04 Mar 2014 23:26 WIB

Apkasi Jajaki Kerja Sama Ekonomi Dengan 40 Negara

Red: Nidia Zuraya
INVESTASI(illustrasi)
INVESTASI(illustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Asosiasi Pemerintahan Kabupaten Seluruh Indonesia (Apkasi) bertemu dengan duta besar dari 40 negara sahabat di Jakarta, Selasa, untuk menjajagi kerja sama di bidang ekonomi, sosial, dan budaya. "Pertemuan ini akan menjadi forum silaturrahmi antara para bupati dengan para duta besar negara-negara sahabat," kata Ketua Umum APKASI Isran Noor melalui siaran persnya, di Jakarta, Selasa (4/3).

Menurut Isran Noor dari penjajagan ini setelah nantinya ada kesamaan pandangan dan sikap, maka akan dilakukan penandatanganan nota kesepahaman (MoU) antara Apkasi dan para duta besar dari negara sahabat. Isran berharap, pada pertemuan selanjutnya akan ada tukar-menukar informasi perihal potensi kerja sama di berbagai sektor.

"Pertemuan ini penting bagi daerah untuk menjalin jaringan kerja sama dengan dunia internasional, dengan harapan dapat mendorong pertumbuhan ekonomi di daerah," jelasnya.

Pada pertemuan tersebut, Isran juga menjelaskan soal rencana Apkasi akan menyelenggarakankegiatan Apkasi Internasional Trade and Investment Summit (AITIS), di Jakarta, pada 14 - 17 April 2014. Dia berharap melalui kegiatan AITIS ini akan dapat mempercepat terwujudnya kesejahteraan masyarakat di daerah.

"Kegiatan AITIS akan menampilkan beragam potensi daerah dari berbagai sektor guna menarik investor untuk berinvestasi di daerah," kata dia.

Isran menambahkan AITIS telah menjadi agenda tahunan Apkasi yang menghadirkan delegasi dari luar negeri serta pengusaha nasional yang siap mengembangkan potensi daerah. Pada setiap penyelenggaraan AITIS, kata dia, Apkasi membutuhkan dukungan dari banyak pihak agar dapat terselenggara dengan baik. "Dukungan dari para Dubes dari negara sahabat ini akan menjadi capaian luar biasa bagi APKASI," katanya.

Menurut dia, dukungan Dubes dari 40 negara ini kepada kegiatan AITIS berkontribusi besar dalam pengembangan ekonomi di daerah. Bahkan dengan hadirnya para Dubes, kata dia, akan membuka wawasan dan informasi dari daerah ke dunia internasional.

"Melalui kegiatan ini akan menjadi kabar baik bagi para investor luar negeri untuk berinvestasi di daerah dan sebaliknya daerah dapat mengekspor komoditinya ke mancanegara," katanya.

Sebanyak 40 duta besar yang hadir pada pertemuan dengan pimpinan Apkasi, di Sekrekariat Apkasi, Jakarta, Selasa, antara lain, Dubes Spanyol, Kuwait, Mesir, Iran, dan Usbekistan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement