Rabu 05 Mar 2014 15:53 WIB

Zona Inti Cagar Biosfer Giam Siak Terbakar

Red: Julkifli Marbun
 Kepulan asap dari hutan terbakar terlihat di Cagar Biosfer Giam Siak Kecil Kabupaten Bengkalis, Riau, Jumat (28/2).   (Antara/Lanud Roesmin Nurjadin)
Kepulan asap dari hutan terbakar terlihat di Cagar Biosfer Giam Siak Kecil Kabupaten Bengkalis, Riau, Jumat (28/2). (Antara/Lanud Roesmin Nurjadin)

REPUBLIKA.CO.ID, PEKANBARU -- Kepala Dinas Kehutanan Provinsi Riau Zulkifli Yusuf menyatakan, zona inti Cagar Biosfer Giam Siak Kecil-Bukit Batu terbakar akibat pembalakan liar di kawasan tersebut.

"Yang terbakar itu kawasan zona inti dalam hutan konservasi yang tanggung jawabnya berada di tangan Balai Besar Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Riau," kata Zulkifli di Pekanbaru, Rabu.

Kepala Satgas Penanggulangan Bencana Asap Riau Brigjen TNI Prihadi Agus Irianto pekan ini mangatakan, sekitar 3.000 hektare Cagar Biosfer Giam Siak Kecil-Bukit Batu yang berada di dua kabupaten Provinsi Riau yakni Bengkalis dan Siak turut terbakar.

"Sejak kebakaran hutan melanda daerah ini, Cagar Biosfer Giam Siak Kecil-Bukit Batu yang terbakar paling luas. Kini sudah mencapai sekitar 3.000 hektare," kata Prihadi yang juga merupakan Komandan Korem 031/Wira Bima.