Jumat 14 Mar 2014 11:04 WIB

Duh, Usia Lama Sekolah di Sukabumi Baru 6,8 Tahun

Red: Bilal Ramadhan
Sekolah rusak (ilustrasi).
Foto: Republika/Prayogi
Sekolah rusak (ilustrasi).

REPUBLIKA.CO.ID, SUKABUMI- Bupati Sukabumi, Jawa Barat, Sukmawijaya mengatakan lama sekolah warga di daerah itu saat ini masih rendah yakni rata-rata 6,8 tahun atau baru sampai lulusan SD. "Kami akui lama pendidikan di sekolah masih rendah dan kami terus mendorong agar minimalnya lama pendidikan warga sembilan tahun atau sampai lulusan tingkat SMP," kata Sukmawijaya du Sukabumi, Jumat.

Untuk mendongkrak permasalahan tersebut memang tidak mudah dan tidak bisa cepat, tetapi minimalnya secara perlahan pihaknya akan meningkatkan lama belajar warganya di sekolah dengan memperbaiki dan menambah segala insfrastruktur yang ada saat ini untuk kepentingan pendidikan.

Di sisi lain, masih rendahnya angka lama sekolah ini disebabkan banyak warga yang umurnya di atas usia sekolah tetap tidak melanjutkan pendidikannya. Sehingga hitungan rata-rata lama sekolah menjadi stagnan, padahal jika dilihat saat ini sudah banyak warga dari Kabupaten Sukabumi yang melanjutkan pendidikan sampai ke perguruan tinggi dan menjadi sarjana.

Maka dari itu, di tahun ini untuk meningkatkan kualitas pendidikan, pihaknya akan mengalokasikan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah Kabupaten Sukabumi difokuskan kepada kesejahteraan salah satunya ke dunia pendidikan.