Senin 24 Mar 2014 09:53 WIB

Rafflesia Arnoldii Akan Wakili Indonesia di Festival Bunga Internasional

Red: Nidia Zuraya
Bunga Rafflesia Arnoldii saat sedang mekar
Bunga Rafflesia Arnoldii saat sedang mekar

REPUBLIKA.CO.ID, BENGKULU -- Bunga Rafflesia arnoldii asal Provinsi Bengkulu ditetapkan sebagai flora Indonesia untuk mengikuti festival bunga internasional di Korea Selatan pada April 2014.

"Bunga Rafflesia arnoldii mewakili flora Indonesia pada festival bunga internasional tahun ini di Korea Selatan," kata Gubernur Bengkulu Junaidi Hamsyah di Bengkulu, Senin (24/3).

Ia mengatakan bunga langka yang merupakan bunga terbesar di dunia itu akan dibawa ke Korea Selatan setelah proses pengawetan. Proses pengawetan, kata gubernur, dilakukan peneliti dari Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) bekerja sama dengan Balitbang Bengkulu.

Bunga rafflesia merupakan ikon Provinsi Bengkulu, sehingga daerah ini juga disebut dengan 'Bumi Rafflesia'. "Bunga rafflesia masih dapat ditemui di habitatnya di hutan Kabupaten Bengkulu Tengah, Kepahiang dan Kaur," katanya.

Sebelumnya, pada 2013 satu bunga bangkai atau Amorphopalus titanum asal Bengkulu juga diikutsertakan pada festival bunga internasional di Korea Selatan. Bunga Rafflesia arnoldii pertama kali ditemukan oleh Sir Thomas Stamford Raffles bersama seorang botanis asal Inggris Joseph Arnold pada 1818 di Bengkulu.

Advertisement
Yuk Ngaji Hari Ini
۞ وَاعْلَمُوْٓا اَنَّمَا غَنِمْتُمْ مِّنْ شَيْءٍ فَاَنَّ لِلّٰهِ خُمُسَهٗ وَلِلرَّسُوْلِ وَلِذِى الْقُرْبٰى وَالْيَتٰمٰى وَالْمَسٰكِيْنِ وَابْنِ السَّبِيْلِ اِنْ كُنْتُمْ اٰمَنْتُمْ بِاللّٰهِ وَمَآ اَنْزَلْنَا عَلٰى عَبْدِنَا يَوْمَ الْفُرْقَانِ يَوْمَ الْتَقَى الْجَمْعٰنِۗ وَاللّٰهُ عَلٰى كُلِّ شَيْءٍ قَدِيْرٌ
Dan ketahuilah, sesungguhnya segala yang kamu peroleh sebagai rampasan perang, maka seperlima untuk Allah, Rasul, kerabat Rasul, anak yatim, orang miskin dan ibnu sabil, (demikian) jika kamu beriman kepada Allah dan kepada apa yang Kami turunkan kepada hamba Kami (Muhammad) di hari Furqan, yaitu pada hari bertemunya dua pasukan. Allah Mahakuasa atas segala sesuatu.

(QS. Al-Anfal ayat 41)

Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement