Saturday, 28 Safar 1444 / 24 September 2022

Saturday, 28 Safar 1444 / 24 September 2022

 

28 Safar 1444
  • JELANG HUT BHAYANGKARA KE-76,< POLRI MENGADAKAN LOMBA MENEMBAK PATI TNI-POLRI BERSAMA INSAN PERS 10-11 JUNI 2022 DI BRIMOB KELAPA DUA

Rafflesia Arnoldii Akan Wakili Indonesia di Festival Bunga Internasional

Senin 24 Mar 2014 02:53 WIB

Red: Nidia Zuraya

Bunga Rafflesia Arnoldii saat sedang mekar

Bunga Rafflesia Arnoldii saat sedang mekar

REPUBLIKA.CO.ID, BENGKULU -- Bunga Rafflesia arnoldii asal Provinsi Bengkulu ditetapkan sebagai flora Indonesia untuk mengikuti festival bunga internasional di Korea Selatan pada April 2014.

 

"Bunga Rafflesia arnoldii mewakili flora Indonesia pada festival bunga internasional tahun ini di Korea Selatan," kata Gubernur Bengkulu Junaidi Hamsyah di Bengkulu, Senin (24/3).

Ia mengatakan bunga langka yang merupakan bunga terbesar di dunia itu akan dibawa ke Korea Selatan setelah proses pengawetan. Proses pengawetan, kata gubernur, dilakukan peneliti dari Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) bekerja sama dengan Balitbang Bengkulu.

Bunga rafflesia merupakan ikon Provinsi Bengkulu, sehingga daerah ini juga disebut dengan 'Bumi Rafflesia'. "Bunga rafflesia masih dapat ditemui di habitatnya di hutan Kabupaten Bengkulu Tengah, Kepahiang dan Kaur," katanya.

Sebelumnya, pada 2013 satu bunga bangkai atau Amorphopalus titanum asal Bengkulu juga diikutsertakan pada festival bunga internasional di Korea Selatan. Bunga Rafflesia arnoldii pertama kali ditemukan oleh Sir Thomas Stamford Raffles bersama seorang botanis asal Inggris Joseph Arnold pada 1818 di Bengkulu.

sumber : Antara
BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

f

 

 

BERITA LAINNYA

 

 

hide ads show ads
desktop mobile