Senin 24 Mar 2014 15:32 WIB

Mendagri Percepat Penyusunan PP Desa PP Desa

Rep: neni ridarineni/ Red: Muhammad Hafil
Mendagri Gamawan Fauzi
Foto: Antara
Mendagri Gamawan Fauzi

REPUBLIKA.CO.ID, YOGYAKARTA -- Menteri Dalam Negeri Gamawan Fauzi optimasi PP Desa bisa disahkan  Mei 2014. Karena itu dia akan bekerja keras untuk menyusun PP Desa dan akan bekerja dengan Kementerian/Lembaga.

''Saya usahakan PP Desa Mei sudah ditantangani Pak Presiden. Kalau PP disahkan Mei 2014 merupakan PP yang tercepat,''ungkap dia pada wartawan usai menghadiri Pembukaan Rakernas  (Rapat Kerja Naional ) II dan Seminar Nasional Apdesi (Asosiasi Pemerintah Desa Seluruh Indonesia) "Dari Desa untuk Desa", di JEC Yogyakarta, Senin (24/3).

Sebelum PP Desa diserahkan Presiden SBY, kata dia, pihaknya akan mengundang berbagai pihak yang terkait seperti Apdesi dan Asosiasi pemerintah kabupaten/kota supaya PP Desa bisa menjawab persoalan yang ada seperti bagaimana tata kelola keuangan,  pelaporan keuangan dan pengawasan keuangan, supaya jangan sampai perangkat desa/kepala desa yang jumlahnya 72 ribu lebih terkena kasus hukum.

Dalam PP Desa, lanjut Gamawan, disamping mengatur tata kelola keuangan desa, juga bagaimana pengangkatan perangkat desa, penggajiannya,  dan bagaimana pengakhiran perangkat desa bila sudah tidak menjadi perangkat desa, dan sebagainya.

Menurut dia, anggaran yang diberikan ke setiap desa diharapkan pada tahun 2015 sudah bisa turun. ''Karena itu kami akan bekerja keras menyusun PP Desa siang dan malam . Karena tinggal dua bulan lagi sudah harus ditandatangani Pak Presiden,''tuturnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement