Selasa 25 Mar 2014 15:15 WIB

PBB: Korban Kemanusiaan Konflik Suriah Terus Meningkat

Rep: Amri Amrullah/ Red: Bilal Ramadhan
 Pemandangan kota yang hancur, penuh dengan puing-puing yang berserakan akibat perang saudara di kota Homs, Suriah, Ahad (9/3).  (Reuters/Thaer Al Khalidiya)
Pemandangan kota yang hancur, penuh dengan puing-puing yang berserakan akibat perang saudara di kota Homs, Suriah, Ahad (9/3). (Reuters/Thaer Al Khalidiya)

REPUBLIKA.CO.ID, NEW YORK-- Sekretaris Jenderal (Sekjen) Perserikatan Bangsa Bangsa (PBB), Ban Ki Moon mengungkapkan meningkatnya jumlah korban kemanusiaan akibat konflik yang tak kunjung berakhir di Suriah. Ban mengatakan setidaknya korban kemanusiaan Suriah naik satu juta orang dan saat ini sudah mencapai 3,5 juta jiwa.

Dilansir dari Rusia Today, Senin (24/3), Ban mengungkapkan dalam sebuah laporan kepada Dewan Keamanan PBB. Menurutnya bertambahnya jumlah orang yang membutuhkan bantuan kemanusiaan di Suriah menjadi 3,5 juta jiwa terjadi sejak awal tahun 2014.

"Intensitas pertempuran yang terus meningkat, membuat semakin banyak warga sipil yang tidak mendapatkan akses ke organisasi kemanusiaan," kata Ban.

Ban juga menyesalkan bahwa sebulan setelah resolusi PBB mendesak kedua kelompok yang berseteru di Suriah untuk dapat mengizinkan akses bantuan kemanusiaan bagi warga sipil. Namun disamapikan hingga saat ini belum ada terobosan yang signifikan tentang masalah tersebut.

"Pihak berwenang di Suriah harus cepat melindungi berbagai konvoi bantuan PBB bagi orang-orang yang membutuhkan, dan pejuang oposisi juga harus memberikan perjalanan yang aman untuk konvoi bantuan ini," kata Ban.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement