Kamis 03 Apr 2014 16:11 WIB

Ungkap Penculikan Bayi, Polrestabes Bandung Raih Penghargaan

Red: Hazliansyah
Petugas polisi wanita (polwan) menunjukkan sejumlah tersangka dan bayi ketika ungkap kasus penjualan bayi di Mapolrestabes Surabaya, Jatim, Minggu (28/7).
Foto: Antara
Petugas polisi wanita (polwan) menunjukkan sejumlah tersangka dan bayi ketika ungkap kasus penjualan bayi di Mapolrestabes Surabaya, Jatim, Minggu (28/7).

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG -- Komisi Kepolisian Nasional (Kompolnas) memberikan apresiasi kepada Polrestabes Bandung atas keberhasilannya mengungkap penculikan bayi yang terjadi di RS Hasan Sadikin Bandung.

Penyerahan piagam penghargaan itu dilakukan oleh Komisioner Kompolnas Logan Siagian, Muhammad Nasser dan Edi Saputra Hasibuan kepada Kapolda Jabar Irjen Pol M Iriawan di Mapolda Jabar, Kamis.

"Pengungkapan kasus pembunuhan oleh polisi adalah prestasi, namun ini spesifik karena penyelamatan nyawa manusia yang notabene seorang bayi. Operasi berhasil dan semua selamat," kata L Siagian.

Ia menyebutkan, Kompolnas mengikuti perkembangan pengungkapan kasus penculikan bayi itu. Siagian menyatakan cukup terharu karena tingginya antusias masyarakat untuk memberikan dukungan kepada kepolisian untuk segera menemukan pelaku penculikannya. Perhatian penuh Kapolda Jabar yang turun langsung mengikuti pengungkapan kasus itu merupakan sebuah kerja tim yang luar biasa.

Penghargaan Kompolnas kepada institusi kepolisian merupakan yang pertama kalinya, selama ini Kompolnas lebih banyak melakukan kritisi atas kinerja penegak hukum itu. "Ini pertama kali penghargaan dari Kompolnas, dan dalam kasus ini Polri patut mendapat apresiasi," kata Siagian.

Kompolnas menyatakan, ada sejumlah kriteria yang membuat lembaga itu memberikan apresiasi khusus yakni penyelamatan nyawa bayi yang baru lahir, dinamika masyarakat yang kuat dan penuh perhatian dan ketiga menyangkut nyawa manusia.

Sementara itu Kapolda Jabar Irjen Pol M Iriawan menyatakan penyelamatan dan pelayanan kepada masyarakat merupakan tugas kepolisian termasuk dalam pengungkapan kasus penculikan bayi itu.

"Polri selalu bersungguh-sungguh dalam penanganan kasus, sejauh ada petunjuk terus dioptimalkan hingga terungkap," kata Kapolda Jabar itu menambahkan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement