Saturday, 2 Jumadil Awwal 1444 / 26 November 2022

Saturday, 2 Jumadil Awwal 1444 / 26 November 2022

2 Jumadil Awwal 1444
  • JELANG HUT BHAYANGKARA KE-76,< POLRI MENGADAKAN LOMBA MENEMBAK PATI TNI-POLRI BERSAMA INSAN PERS 10-11 JUNI 2022 DI BRIMOB KELAPA DUA

KAI: Pengalihan KA Lintas Selatan Hingga Senin Malam

Ahad 06 Apr 2014 09:28 WIB

Red: Citra Listya Rini

PT KAI

PT KAI

REPUBLIKA.CO.ID, PURWOKERTO -- PT Kereta Api Indonesia (KAI) menyatakan pengalihan kereta api (KA) lintas selatan ke jalur utara melalui Kroya-Purwokerto-Cirebon-Cikampek masih akan berlangsung hingga Senin (7/4) malam.

"Hal ini dilakukan hingga selesainya proses evakuasi sarana dan perbaikan infrastruktur di lokasi kecelakaan KA Malabar, KM 244+0/1 antara Stasiun Cirahayu dan Stasiu Ciawi, Kabupaten Tasikmalaya, Jawa Barat," kata Manajer Humas PT KAI Daerah Operasi 5 Purwokerto Surono di Purwokerto, Ahad (6/4).

Karena itu, seluruh perjalanan KA lintas selatan dari dan menuju Bandung yang melalui Tasikmalaya masih akan dialihkan lewat Kroya-Purwokerto-Cirebon-Cikampek-Bandung dan sebaliknya hingga Senin (7/4) malam.

Sejak terjadinya rintangan jalan akibat kecelakaan KA Malabar jurusan Bandung-Malang di Ciawi pada hari Jumat (4/4) malam, lanjut dia, setiap harinya terdapat sebanyak 24 perjalanan KA lintas selatan (Kroya-Tasikmalaya-Bandung) dialihkan melalui jalur utara.

"Dengan adanya pengalihan KA-KA lintas selatan ini, kepadatan lintas Kroya-Purwokerto-Cirebon meningkat dari 60 KA menjadi 84 KA per hari. Peningkatan frekuensi KA di lintas sepanjang 158 kilometer ini berimbas pada terjadinya kelambatan KA-KA di lintas tersebut rata-rata sekitar 30 menit hingga satu jam," kata Surono.

Ia mengatakan kelambatan terjadi karena pada saat "peak traffic" (puncak arus), terutama malam hari, KA-KA tersebut harus bergantian melintas di lintas yang dua pertiganya masih jalur tunggal (single track).

Dalam hal ini 60 persen dari lintas Kroya-Cirebon ini masih jalur tunggal, yakni antara Kroya-Purwokerto dan Prupuk-Cirebon. Selain itu, waktu tempuh perjalanan KA-KA lintas selatan yang dialihkan memutar ke jalur utara juga akan lebih lama dua jam jika dibandingkan dengan melalui jalur selatan.

Menurut Surono, hal itu disebabkan adanya pembengkakan jarak tempuh dari 248 kilometer (Kroya-Bandung) menjadi 382 kilometer (Kroya-Cirebon-Cikampek-Bandung). Selama pengalihan jalur KA lintas selatan tersebut, penumpang di Stasiu Maos, Kawunganten, Gandrungmangun, Sidareja, Cipari, dan Langen yang sudah terlanjur membeli tiket bisa membatalkan tiketnya.

sumber : Antara
BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

f
 

BERITA LAINNYA

 
 
 
 
 
hide ads show ads
desktop mobile