Rabu 09 Apr 2014 10:00 WIB

Ini Lima Fakta Real Madrid Lolos ke Semifinal Liga Champions

Red: Julkifli Marbun
Liga Champions
Liga Champions

REPUBLIKA.CO.ID, DORTMUND -- Lima fakta mengenai Real Madrid yang maju ke babak semi final Liga Champions, Selasa, Setelah mengalahkan Borussia Dortmund dari Jerman.

-- Raja-raja Eropa membentuk klub pada 1902 dengan nama klub sepak bola Madrid. Klub itu berubah menjadi Real Madrid setelah mendapat semacam tanda atau stempel pada 1920 dari Raja Alfonso XIII. Mahkota kerajaan itu merupakan bagian dari logo mereka.

-- Real memiliki rekor sembilan gelar Piala Eropa dan Liga Eropa (1956, 1957, 1958, 1959, 1960, 1966, 1998, 2000, 2002). Mereka belum pernah maju ke babak final.

Mereka merupakan juara Spanyol sebanyak 32 kali, memenangi gelar Copa del Rey sebanyak 18 kali, dua kali Piala UEFA, satu juara Piala Super Eropa dan juara Piala Interkontinental tiga kali.

-- Real were disebut-sebut sebagai klub paling kaya dunia berdasar peringkat Deloitte dengan rekor sembilan kali pada Januari, selain itu meraih gelar juara musim lalu. Mereka memiliki total keuntungan 702 juta dolar tahun finansial lalu, 47 juta dolar lebih banyak dari klub saingan mereka di Spanyol, Barcelona, yang berada di urutan kedua.

-- Dikenal dengan julukan Los Merengues ('the meringues') karena strip putih pada kostum mereka dan ada juga yang menjuluki mereka dengan gelar Los Blancos (Si Putih).

-- Legiun pemain terkenal pernah bersinar di Stadion Santiago Bernabeu, mulai dari generasi seusai perang Alfredo di Stefano dan Ferenc Puskas hingga zaman 'galacticos' pada awal 2000-an dan generasi saat ini, pemain maha bintang Cristiano Ronaldo dan Xabi Alonso serta Gareth Bale.

Seberapa tertarik Kamu untuk membeli mobil listrik?

  • Sangat tertarik
  • Cukup tertarik
  • Kurang tertarik
  • Tidak tertarik
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement