Kamis 10 Apr 2014 11:45 WIB

Serangan Terbaru Milisi Kristen Tewaskan 30 orang

Rep: Gita Amanda/ Red: Julkifli Marbun
Pasukan internasional asal Kongo sedang berjaga-jaga di jalanan Bangui, Republika Afrika Tengah, yang sedang berkecamuk.
Foto: EPA/Legnan Koula
Pasukan internasional asal Kongo sedang berjaga-jaga di jalanan Bangui, Republika Afrika Tengah, yang sedang berkecamuk.

REPUBLIKA.CO.ID, DEKOA -- Setidaknya 30 orang tewas dan 10 lain cedera dalam pertempuran antara milisi sektarian di Republik Afrika Tengah (RAT). Pihak kepolisian mengatakan, sebagian besar dari korban tewas di kota Dekoa adalah warga sipil.

Dilansir dari BBC News, dominasi milisi anti-Balaka menyerang wilayah yang dipegang oleh pemberontak Muslim Seleka. Peristiwa tersebut menewaskan puluhan warga sipil dan melukai lainnya.

Kekerasan sektarian meledak di RAT pada awal Desember. Saat itu pemberontak Muslim berupaya merebut kekuasaan pada Maret 2013, dengan menggulingkan Presiden Francois Bozize.

Ia kemudian digantikan Presiden Michel Djotodia, dari Seleka yang dituduh gagal mencegah pasukannya melakukan tindakan kejahatan. Seperti memperkosa, menyiksa dan membunuh warga sipil. Djotodia digulingkan pada bulan Januari, oleh pejuang milisi Kristen. Sejak itu milisi Kristen mulai menyerang warga sipil Muslim sebagai pembalasan.