Kamis 10 Apr 2014 19:30 WIB

Towi/Butet Lolos ke Perempat Final Singapura Open

Red: Bilal Ramadhan
Pasangan ganda campuran Indonesia, Tontowi Ahmad/Liliyana Natsir lolos ke semifinal Olimpiade London 2012.
Pasangan ganda campuran Indonesia, Tontowi Ahmad/Liliyana Natsir lolos ke semifinal Olimpiade London 2012.

REPUBLIKA.CO.ID, SEMARANG-- Ganda campuran terbaik Indonesia Tontowi Ahmad/Liliyana Natsir berhasil melangkah ke babak perempat final kejuaraan bulu tangkis "Singapore Open Super Series 2014" setelah mengalahkan pasangan Jepang Kenichi Hayakawa/Misaki Matsutomo di Alor Setar, Malaysia, Kamis.

Berdasarkan laman PBSI di Semarang, Jateng, Kamis, pasangan Tontowi/Liliyana Natsir yang menempati unggulan pertama tersebut, mengalahkan pasangan Jepang dengan dua game langsung 21-12, 21-17. Penampilan yang baik dari juara All England tiga kali itu pada game pertama, membuat lawan kesulitan untuk mengembangkan permainannya sehingga mereka unggul dengan angka 21-12.

"Kami fokus di lapangan dan menerapkan permainan sendiri," kata Liliyana Natsir mengenai game pertama.

Pada game kedua, pertandingan berlangsung seru bahkan smash keras Hayakawa yang gagal dikembalikan Liliyana membuat pasangan Jepang tersebut unggul 11-7, tetapi kemudian disamakan menjadi 12-12 dan memenangkan game itu dengan 21-17 setelah smash silang Tontowi gagal dikembalikan Misaki. "Lawan hari ini cukup bagus. Kami sedikit lengah dan bermain terburu-buru," kata Liliyana.

Tontowi Ahmad mengaku fokus untuk memperbaiki permainan karena penampilannya pada Kamis belum maksimal. Pada babak delapan besar, Jumat (11/4), mereka akan menghadapi pasangan Denmark Anders Kristiansen/Julie Houmann yang sebelumnya mengalahkan pasangan Taiwan Chen Hung Ling/Cheng Wen Hsing 21-16, 22-20.

Pada dua pertemuan sebelumnya, pasangan Tontowi/Liliyana yang menempati peringkat kedua dunia itu, selalu menang lawan pasangan Denmark yang menempati peringkat 20 dunia sehingga skor pertemuan mereka sementara 2-0 untuk pasangan Indonesia.

Ganda campuran pasangan Riky Widianto/Richi Puspita Dili yang menempati unggulan kedelapan pada kejuaraan bulu tangkis berhadiah total 300 ribu dolar Amerika serikat itu, juga melangkah ke babak perempat final setelah mengalahkan pasangan Malaysia Ong Jian Guo/Lee Meng Yean dengan 21-16, 21-15.

Pasangan Riky/Richi meraih kemenangan pada game pertama dengan skor 21-16 setelah lob service Riky tidak dapat dijangkau Lee. Dominasi serangan pasangan Indonesia tetap berlanjut pada game kedua. Mereka unggul cepat 11-5 dan akhirnya game itu diselesaikan dengan angka 21-15 setelah pengembalian bola lob tanggung dari Lee disambar langsung oleh Richi.

Riky mengatakan pertandingan babak pertama lebih berat daripada Kamis, tetapi bukan berarti tanpa kendala. Perubahan jenis suttlecock yang dipakai berjenis lebih lambat, membuat masalah tersendiri sehingga mereka mengatasinya dengan mencoba menyerang lebih dulu.

Pada babak delapan besar, mereka akan menantang unggulan kedua dari Tiongkok Xu Chen/Ma Jin yang mengalahkan pasangan Thailand Maneepong Jongjit/Sapsiree Taerattanachai dengan 21-17, 21-17. "Yang terpenting kami main dengan percaya diri dan fokus. Kita juga mencoba pelajari permainan lawan melalui video," kata Richi.

Pasangan Gideon Markus Fernaldi/Rizki Amelia Pradipta gagal melangkah ke babak delapan besar setelah dikalahkan pasangan Korea Selatan Yoo Yeon Seong/Jang Ye Na 13-21, 14-21. Pada nomor ganda putra, unggulan pertama Mohammad Ahsan/Hendra Setiawan juga melangkah ke babak perempat final setelah mengalahkan pasangan India Alwin Francis/Arun Vishnu dengan 21-17, 24-22.

Pada babak delapan besar, juara All England 2014 itu, akan menghadapi pemenang antara unggulan kelima Kim Sa Rang/Yoo Yeon Seong (KOrea Selatan) melawan Chen Hung Lin/Lu Chia Pin (Taiwan).

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement