Jumat 11 Apr 2014 06:55 WIB

Negara Balkan Ini Desak NATO Kerahkan Pasukan ke Ukraina

Red: Bilal Ramadhan
Peta Ukraina
Foto: VOA
Peta Ukraina

REPUBLIKA.CO.ID, BUCHAREST-- NATO harus mengerahkan kembali pasukannya di Eropa Timur dan wilayah Laut Hitam sebagai prioritas setelah Rusia menganeksasi Krimea, kata Menteri Luar Negeri Rumania mendesak dalam satu wawancara Kamis dengan AFP.

"Rumania punya harapan nyata mengenai pengerahan kembali dan memposisikan kembali pasukan-pasukan angkatan laut, angkatan darat dan angkatan udara NATO ke timur," kata Titus Corlatean. "Wilayah Laut Hitam harus menjadi prioritas utama bagi NATO dan Uni Eropa," katanya menekankan.

Bucharest "sangat prihatin atas perkembangan-perkembangan di Ukraina yang telah berdampak serius pada keamanan internasional," kata Corlatean. Rumania, anggota Uni Eropa dan Pakta Organisasi Pertahanan Atlantik Utara (NATO), berbatasan dengan Ukraina yang terletak di sebelah utaranya.

Untuk meyakinkan anggota-anggota aliansi Eropa timur, terutama negara-negara Baltik, Polandia dan Rumania, NATO pada awal Maret memutuskan untuk sementara menyebarkan pesawat pengintai AWACS. AWACS - Sistem Peringatan dan Kontrol Udara - akan terbang melewati Polandia dan Rumania sebagai bagian dari upaya aliansi untuk memantau krisis di Ukraina, kata NATO.