Jumat 11 Apr 2014 21:38 WIB

Telkomsel Targetkan Kontribusi Digital Lifestyle 33 Persen Revenue

Red: Taufik Rachman
Marina Kacaribu
Marina Kacaribu

REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA--Telkomsel semakin fokus menggarap pasar digital lifestyle dan menargetkan layanan ini menyumbang hingga 33 persen dari seluruh pendapatan Telkomsel.

''Tahun 2015 layanan data dan digital lifestyle ditargetkan menyumbang 33 persen daroi seluruh revenue Telkomsel,'' kata VP Digital Lifestyle Telkomsel, Marina Kacaribu.

Tahun 2013, kata Marina, data dan digital lifestyle memberi kontribusi sebanyak 20 persen. Ia optimistis layanan data dan digital akan terus tumbuh dan memberi kontribusiyang besar untuk Telkomsel.

Data dan digital merupakan new revenue growth engine bagi operator telekomunikasi terbesar ini. Untuk layanan digital lifestyle Telkomsel fokus pada empat layanan utama yakni mobile news and directory, portal and social media, digital music, serta mobile games and entertainment.

Digital lifestyle disebut Marina terus bertumbuh. ''Dibandingkan layanan data, ia masih dibawahnya. Digital lifestyle masih dibawah 10 persen pertumbuhannya,'' kata Marina

Perkembangan layanan berbasis digital didorong oleh pertumbuhan ekosistem device network and application (DNA). ''Pertumbuhan smartphone sangat mendorong pertumbuhan layanan ini, selain kualitas jaringan yang lebih baik dan aplikasi yang makin beragam,'' katanya.

Namun demikian pengenalan layanan digital kepada pelanggan memiliki tantangan sendiri. ''Berbeda dengan layanan voice atau sms, untuk layanan digital pelanggan harus merasakan terlebih dahulu, atau mendengar cerita pelanggan lain terkait layanan itu,'' kata Marina.

Sejauh ini layanan digital memang tidak hanya dinikmati pelanggan dengan smartphone saja. Menurut General Manager Portal and Social Media Trio Yamad G. Lumbantoruan, pelanggan denghan featured phone atau bahkan basic phone bisa menikmati layanan ini.  Ia menunjuk layanan ring back tone yang bisa dinikmati semua ponsel.

''Layanan video500 ribu banyak dinikmati para pengguna featured phone,'' katanya. Layanan streamning ini telah dikompresi sedemikian rupa serta mampu menyesuaikan jaringan yang tengah digunakan pelanggan.

Seberapa tertarik Kamu untuk membeli mobil listrik?

  • Sangat tertarik
  • Cukup tertarik
  • Kurang tertarik
  • Tidak tertarik
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement