Senin 21 Apr 2014 20:00 WIB

Upacara HUT Pattimura Dipusatkan di Maluku Tengah

Red: Julkifli Marbun
Pattimura
Foto: [ist]
Pattimura

REPUBLIKA.CO.ID, AMBON -- Upacara perayaan Hari Ulang Tahun (HUT) pahlawan nasional Pattimura pada 15 Mei 2014 akan dilaksanakan di Pulau Saparua, Kabupaten Maluku Tengah.

"Sama seperti pelaksanaan tahun lalu, upacara perayaan tahun 2014 akan dialihkan ke pulau Saparua tempat kelahiran pahlawan Pattimura," kata Wali Kota Ambon Richard Louhenapessy, Senin.

Menurut dia, pihaknya telah menyurati Gubernur Maluku Said Assagaf untuk mengalihkan lokasi perayaan.

"Kesepakatan tersebut dilakukan atas pertimbangan keamanan menjelang pelaksanaan Pemilihan Presiden (Pilpres) pada Juli 2014," katanya.

Richard mengatakan, perayaan HUT Pattimura walaupun tanpa menggunakan api induk yang dibawa secara berantai dari Saparua ke Ambon oleh para pemuda, tetapi diharapkan perayaan dilakukan dalam suasana kebathinan di bawah tugu Pattimura di Ambon.

"Suasana kebathinan 15 Mei tetap ada, walaupun lokasi dialihkan tetapi kita dekorasi seperti tahun sebelumnya, agar warga kota tetap merasakan suasana perayaan," katanya.

Pelaksanaan di Kota Ambon, lanjutnya, hanya dilakukan malam perenungan di kawasan Pattimura Park.

Diakuinya, insiden bentrokan antarwarga jelang perayaan tahun 2012 menjadi catatan penting pelaksanaan upacara Pattimura.

"Pelaksanaan upacara harus dikaji dari sisi pertimbangan faktor sosial serta keamanan, bukan hanya prosesi ritual adat karena insiden seperti ini tidak dapat diprediksi," ujarnya.

Richard meminta warga Kota Ambon, untuk tidak memberikan ruang kepada orang-orang luar yang ingin mengacaukan dan mengganggu kehidupan warga kota.

"Kita sudah hidup dalam suasana damai dan nyaman, karena itu mari bersama kita jaga keamanan kota Ambon, dengan tidak memberikan ruang bagi oknum yang tidak bertanggung jawab," tandasnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement