Rabu 23 Apr 2014 18:14 WIB

Pemimpin Palestina Sepakat bentuk Pemerintahan Persatuan

Red: Bilal Ramadhan
Bendera Palestina
Bendera Palestina

REPUBLIKA.CO.ID, GAZA CITY-- Para pemimpin Palestina dari Tepi Barat dan Jalur Gaza memutuskan akan membentuk satu pemerintah persatuan nasional dalam "lima pekan mendatang", kata para pejabat, Rabu. Kesepakatan itu, antara para anggota Organisasi Pembebasan Palestina dan Hamas dicapai setelah perundingan-perundingan di Gaza City yang dimulai Selasa petang, kata seorang anggota PLO yang tidak bersedia namanya disebutkan kepada AFP.

"Juga ada kemajuan mengenai penyelenggaraan pemilu mendatang dan susunan PLO," kata pejabat Palestina itu tanpa merinci lebih jauh.

Perundingan, yang diselenggarakan secara tertutup, diperkirakan akan berlanjut pada Rabu. Ini bukan pertama kali satu pemerintah persatuan nasional yang diumumkan oleh faksi-faksi yang bersaing, dan pada beberapa kesempatan sebelumnya untuk membentuk satu pemrintah mengalami kegagalan.

Fatah, komponen utama PLO, dan Hamas menandatangani satu perjanjian rekonsiliasi di Kairo tahun 2011 yang bertujuan untuk mengakhiri perpecahan politik antara Gaza dan Tepi Barat yang dikuasai Pemerintah Palestina.