Senin 05 May 2014 16:48 WIB

Mendikbud: Tewasnya Renggo Belum Tentu Kesalahan Sekolah

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Mohammad Nuh
Foto: ISTIMEWA
Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Mohammad Nuh

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Mohammad Nuh, mengatakan tewasnya Renggo Kadafi (11) karena dugaan penganiayaan oleh kakak kelasnya di ruang kelas SD 09 Makasar, Jakarta Timur, belum tentu murni kesalahan sekolah terkait.

"Kekerasan anak terhadap Renggo itu belum tentu terkait dengan sekolah bersangkutan. Bisa juga terkait dengan si pelaku berasal dari kampung mana, anak Kampung Makasar?" kata M Nuh di kawasan Kepulauan Seribu, Jakarta, Senin.

Dia mengatakan, terlepas dari justifikasi itu terdapat sebuah tantangan besar terlebih di dalam dunia pendidikan.

"Inilah tantangan berat bagi dunia pendidikan dan masyarakat luas. Kami terus berupaya agar dunia pendidikan meningkat kualitasnya dan memberi sumbangsih terhadap baiknya budi pekerti anak," kata dia.

Kualitas itu, kata mendikbud, terdiri dari baik tidaknya tiga aspek kompetensi bagi murid didik di bangku sekolah.

"Dari urusan kualitas itu, kami ukur dengan tiga ranah kompetensi yaitu ranah kompetensi pengetahuan, keterampilan dan sikap. Urusan yang paling berat itu adalah sikap,'' katanya.

"Oleh karena itu, mengapa mulai tiga tahun yang lalu kami berdebat panjang tentang pendidikan karakter dan akhirnya dirumuskan dalam kurikulum 2013," katanya.

sumber : Antara
Yuk koleksi buku bacaan berkualitas dari buku Republika ...
Advertisement
Yuk Ngaji Hari Ini
اَلَمْ تَرَ اَنَّ اللّٰهَ يَسْجُدُ لَهٗ مَنْ فِى السَّمٰوٰتِ وَمَنْ فِى الْاَرْضِ وَالشَّمْسُ وَالْقَمَرُ وَالنُّجُوْمُ وَالْجِبَالُ وَالشَّجَرُ وَالدَّوَاۤبُّ وَكَثِيْرٌ مِّنَ النَّاسِۗ وَكَثِيْرٌ حَقَّ عَلَيْهِ الْعَذَابُۗ وَمَنْ يُّهِنِ اللّٰهُ فَمَا لَهٗ مِنْ مُّكْرِمٍۗ اِنَّ اللّٰهَ يَفْعَلُ مَا يَشَاۤءُ ۩ۗ
Tidakkah engkau tahu bahwa siapa yang ada di langit dan siapa yang ada di bumi bersujud kepada Allah, juga matahari, bulan, bintang, gunung-gunung, pohon-pohon, hewan-hewan yang melata dan banyak di antara manusia? Tetapi banyak (manusia) yang pantas mendapatkan azab. Barangsiapa dihinakan Allah, tidak seorang pun yang akan memuliakannya. Sungguh, Allah berbuat apa saja yang Dia kehendaki.

(QS. Al-Hajj ayat 18)

Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement