Rabu 07 May 2014 17:14 WIB

Perbaikan Jalur Evakuasi Merapi di Sleman Dimulai Juni

Rep: Neni Ridarineni/ Red: Yudha Manggala P Putra
 Gunung Merapi mengeluarkan asap sulfatara difoto dari jarak 40 Km di Bantul, Yogyakarta, Jumat (25/4).
Foto: Antara/Teresia May
Gunung Merapi mengeluarkan asap sulfatara difoto dari jarak 40 Km di Bantul, Yogyakarta, Jumat (25/4).

REPUBLIKA.CO.ID, YOGYAKARTA -- Jalur evakuasi Merapi yang masuk wilayah provinsi DIY sebanyak empat ruas sudah dibangun. Sementara jalur evakuasi yang berada di wilayah Kabupaten Sleman sudah dikoordinasikan dengan Dinas Pekerjaan Umum Kabupaten Sleman untuk diperbaiki.

Hal itu dikemukakan Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) DIY Gatot Saptadi pada wartawan, di Kepatihan Yogyakarta, Rabu (7/5). Dinas PU akan mensupport peralatannya, sedangkan pengerjaannya dilaksanakan bersama-sama masyarakat, kata dia.

Untuk pengerjaan jalur evakuasi, kata Gatot, tahapannya seperti biasa. ''Sepertinya sekarang sedang perencanaan dan diharapkan paling cepat bulan Juni sudah mulai dilakukan pengerjaan fisik,'' tuturnya.

Karena ini untuk antisipasi bencana maka dananya dari BNPB dan APBN. Setelah jalur evakuasi diperbaiki sudah bisa digunakan dengan baik. Untuk memperpanjang umur jalur evakuasi harus diatur tonase dan pengambilan pasir dikurangi.

Lebih lanjut Gatot mengatakan Merapi masih status waspada dan ini bisa naik ke siaga atau turun ke normal. Tetapi yang penting masyarakat dan perangkat siap siaga. Dari BPBD DIY sudah ada skema evakuasi dan relokasi. Tentu saja skemanya ada tahapannya. Karena kalau Merapi meletus biasanya ada tahapannya. "Kami  sudah menyempurnakan fasilitas air dan mencek listrik, untuk barak akan ditambah tenda,'' kata dia.

Seberapa tertarik Kamu untuk membeli mobil listrik?

  • Sangat tertarik
  • Cukup tertarik
  • Kurang tertarik
  • Tidak tertarik
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement