Ahad 11 May 2014 18:25 WIB

MSF Lanjutkan Recovery Topan Haiyan

Red: Agung Sasongko
 Warga berjalan melewati pemukiman yang hancur akibat Topan Haiyan di kota Tacloban, Leyte provinsi Leyte, Filipina tengah, Ahad (10/11).  (AP/Bullit Marquez)
Warga berjalan melewati pemukiman yang hancur akibat Topan Haiyan di kota Tacloban, Leyte provinsi Leyte, Filipina tengah, Ahad (10/11). (AP/Bullit Marquez)

REPUBLIKA.CO.ID, MANILA -- Enam bulan telah berlalu sejak Topan Haiyan menerjang Filipina, tim Médecins Sans Frontières/Dokter Lintas Batas (MSF) menyediakan bantuan untuk kebutuhan darurat sejak awal bencana dan menangani masalah kesehatan sehari-hari di rumah sakit dan klinik berjalan, menyediakan air bersih, membantu memperbaiki sistem pembuangan kotoran, dan pusat kesehatan di beberapa tempat yang paling parah terkena dampak bencana.

Kini, tahap pemulihan terus berlanjut, MSF telah menarik diri dari daerah-daerah yang tidak lagi membutuhkan bantuan, dan tetap berada di daerah-daerah yang sistem kesehatannya belum pulih benar.

 “Setiap hari, kita bisa melihat perubahan di Guiuan,” ujar Laurence de Barros-Duchene, koodinator darurat MSF di Guiuan, salah satu daerah yang pertama kali diterjang angin topan. “Jalan-jalan sudah bersih, listrik dan pasokan air lancar kembali, dan ke manapun mata memandang, kita bisa melihat penduduk setempat membangun kembali rumah mereka.”

Di Guiuan, MSF mendukung sebuah rumah sakit berkapasitas 50 tempat tidur yang menyediakan layanan kesehatan untuk 110.000 orang. Rumah sakit ini dibangun untuk menggantikan sebuah rumah sakit kabupaten yang tingkat kehancurannya amat parah sehingga tidak memungkinkan untuk diperbaiki.