Ahad 11 May 2014 17:27 WIB

Tiap Tahun Ratusan Pasien Kusta Ditemukan di Jayapura

Aksi damai memperingati hari kusta internasional di Jakarta (ilustrasi).
Foto: Antara/Fikri Adin/c
Aksi damai memperingati hari kusta internasional di Jakarta (ilustrasi).

REPUBLIKA.CO.ID, JAYAPURA - Setiap tahun pasien kusta ditemukan di pusat pelayanan kesehatan masyarakat (Puskesmas) di Jayapura

"Pasien kusta cukup tinggi di Kota Jayapura. Kebanyakan di antaranya ditemukan di Puskesmas di daerah itu," kata Kepala bagian penanganan penyakit kusta dan HIV-AIDS Dinas Kesehatan Papua, DR dr Arry Pongtiku, Ahad (11/5).

Menurut dia, dari hasil pemeriksaan yang dilakukan setiap tahun, rata-rata pasien kusta yang ditemukan di Kota Jayapura sebanyak 600 lebih. Pemeriksaan dilakukan di beberapa Puskesmas yang ada di kota itu.

Ia mengatakan, Puskesmas yang terus melakukan pemeriksaan dan pengobatan terhadap pasien kusta yakni di Puskesmas Hamadi, Puskesmas Hedam, Puskesmas Waena dan Puskesmas Jayapura Selatan.

Tidak hanya Jayapura, secara umum kusta masih dominan tinggi di Provinsi Papua dan Papua Barat. Setiap tahun, Dinas Kesehatan Papua menemukan 1.300-1.500 lebih kasus baru kusta.

Menurut Arry, pada Desember 2013, sebanyak 172 pasien berobat kusta. Mereka yang berobat terkena kusta kering dan kusta basah.

"Kebanyakan masyarakat di daerah pedalaman Papua yang terkena kusta. Meski demikian, belum semua daerah di Papua didatangi untuk pengobatan kusta," ujarnya.

Daerah pedalaman yang belum di atangi adalah Yahukimo, Pegunungan Bintang dan Mamberamo Raya.

sumber : Antara
Yuk koleksi buku bacaan berkualitas dari buku Republika ...
Advertisement
Yuk Ngaji Hari Ini
يٰٓاَيُّهَا الَّذِيْنَ اٰمَنُوْٓا اٰمِنُوْا بِاللّٰهِ وَرَسُوْلِهٖ وَالْكِتٰبِ الَّذِيْ نَزَّلَ عَلٰى رَسُوْلِهٖ وَالْكِتٰبِ الَّذِيْٓ اَنْزَلَ مِنْ قَبْلُ ۗوَمَنْ يَّكْفُرْ بِاللّٰهِ وَمَلٰۤىِٕكَتِهٖ وَكُتُبِهٖ وَرُسُلِهٖ وَالْيَوْمِ الْاٰخِرِ فَقَدْ ضَلَّ ضَلٰلًا ۢ بَعِيْدًا
Wahai orang-orang yang beriman! Tetaplah beriman kepada Allah dan Rasul-Nya (Muhammad) dan kepada Kitab (Al-Qur'an) yang diturunkan kepada Rasul-Nya, serta kitab yang diturunkan sebelumnya. Barangsiapa ingkar kepada Allah, malaikat-malaikat-Nya, kitab-kitab-Nya, rasul-rasul-Nya, dan hari kemudian, maka sungguh, orang itu telah tersesat sangat jauh.

(QS. An-Nisa' ayat 136)

Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement