Ahad 18 May 2014 15:21 WIB

Sambut Hatkitnas, P2TP2A Jabar Luncurkan Gerakan 20 Menit Dampingi Anak

Rep: Arie Lukihardianti/ Red: Maman Sudiaman
Netty Heryawan (tengah)
Foto: rumahzakat.org
Netty Heryawan (tengah)

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG -- Maraknya kasus kekerasan seksual terhadap anak di Jabar, menjadi perhatian serius Pusat Pelayanan Terpadu Perlindungan Perempuan dan Anak (P2TP2A) Jawa Barat. Untuk mencegah korban berikutnya, keluarga dinilai memiliki peranan yang sangat penting. Oleh karena itu, P2TP2A Jabar meluncurkan gerakan 20 menit orang tua mendampingi anak.

Pelaksanaan program tersebut berbarengan dengan Hari Kebangkitan Nasional (Harkitnas) pada 20 Mei 2014. Program itu dimulai sejak pukul 18.30 WIB hingga 18.50 WIB serentak di seluruh wilayah Jabar.

Menurut Ketua P2TP2A Jabar, Netty Prasetyani, program tersebut dilakukan guna melindungi anak dari kekerasan serta menyelamatkan  masa depan bangsa. Terlebih, saat ini dia  melihat  sebagian besar anak-anak dirumahnya tidak cukup mendapatkan kasih sayang dari orang tuanya.

"Kami memanfaatkan momentum, 20 Mei 2014 karena pada masa lalu tepat berkaitan dengan Hari Kebangkitan Nasional. Di masa itu, berbagai upaya dilakukan agar bangkit dari sisa-sisa penjajahan,'' ujar Netty dalam peluncuran program '20 Menit Orangtua Mendampingi Anak' di rumah makan di kawasan Jalan Dipatiukur, Kota Bandung, akhir pekan lalu.

Melalui gerakan tersebut, menurut Netty, semua bersepakat  untuk menyemangati peran dan fungsi keluarga. Walaupun, pendampingan itu sebenarnya bukan hal baru bagi orang tua.

 

Terkait kekerasan terhadap anak, kata Netty, P2TP2A sendiri sudah melakukan advokasi sejak tahun 2009. P2TP2A, sangat serius melakukan advokasi dengan melibatkan aparat penegak hukum dalam melindungi perempuan dan anak.  "Ini terus kami lakukan agar memberikan rasa keadilan bagi masyarakat. Saya  ingin membangkitkan kesadaran di tengah masyarakat jabar," katanya.

Yuk koleksi buku bacaan berkualitas dari buku Republika ...
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement