Senin 09 Jun 2014 12:28 WIB

ISNU: Kecintaan Kiai Idris Terhadap Ilmu Agama Luar Biasa

Rep: c30/ Red: Agung Sasongko
Kiai Idris Marzuki, Pengasuh Pondok Pesantren Lirboyo, Kediri.
Kiai Idris Marzuki, Pengasuh Pondok Pesantren Lirboyo, Kediri.

REPUBLIKA.CO.ID,  JAKARTA -- KH Idris Marzuki wafat di Rumah Sakit Dr. Soetomo Surabaya pukul 09.40 WIB, senin (9/6). Pengasuh Pondok Pesantren Lirboyo, Kediri, Jawa Timur itu menghembuskan nafas terakhirnya saat sedang dirawat di ruang ICU selama tiga hari terakhir.

Ketua Umum Pengurus Pusat Ikatan Sarjana Nahdlatul Ulama (ISNU) Ali Masykur Musa mengatakan, Kiai Idris merupakan ulama besar dengan kezuhudan yang sangat tinggi. Hidupnya sangat sederhana. Kecintaannya terhadap ilmu agama juga sangat luar biasa.

Sebagai seorang guru, kata Ali, Kiai Idris adalah kiai besar yang memiliki reputasi kealiman di bidang ilmu agama. Tidak hanya itu, kata Ali, kiai kharismatik NU itu juga sangat mempunyai pengaruh politik di tanah air.

Ali mengatakan, Kiai Idris memang sudah sakit sejak lama. Faktor usia menjadikan Kiai Idris sering keluar masuk rumah sakit. "Beliau akhir-akhir ini memang sering sakit karena memang sudah sepuh," katanya yang saat ini berada di RS Dr. Soetomo Surabaya saat dihubungi, Senin (9/6).

Saat ini jenazah Kiai Idris sedang dibawa ke rumah duka di Ponpes Lirboyo, Kediri, Jawa Timur. Kiai sepuh NU itu rencananya akan dimakamkan hari ini juga. Dia juga meminta seluruh masyarakat untuk mendoakan Kiai Idris.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement