Ahad 06 Jul 2014 18:37 WIB

Petinggi Demokrat Ingin Dirikan Universitas

Red: Erik Purnama Putra
 Politikus Partai Demokrat, TB Silalahi (kiri) berbicara saat konferensi pers di Jakarta, Ahad (27/5).
Foto: Republika/Tahta Aidilla
Politikus Partai Demokrat, TB Silalahi (kiri) berbicara saat konferensi pers di Jakarta, Ahad (27/5).

REPUBLIKA.CO.ID, BALIGE - Letjen (Purn) TB Silalahi menyatakan, akan mendirikan perguruan tinggi di Kabupaten Toba Samosir, Sumatra Utara, guna memajukan dunia pendidikan di kabupaten yang terletak di pinggir danau Toba tersebut. "Cita-cita untuk mendirikan perguruan tinggi di daerah ini sudah tertanam di hati saya sejak 25 tahun lalu," katanya di Balige, Ahad (6/7).

Saat ini, Silalahi sedang menjajaki rencana untuk mendirikan perguruan tinggi dimaksud. Perguruan tinggi yang akan didirikan, menurut dia, harus kerja sama dengan luar negeri, agar memiliki akses lebih luas dan kompetitif.

Sekretaris Dewan Kehormatan Partai Demokrat itu mengatakan, persoalan bangsa seperi sering dikatakan sekarang ini mencari orang pintar lebih gampang dari pada mencari orang jujur dan baik. Jadi, persoalannya adalah bagaimana mencari putra putri yang mau membangun negeri serta berkarakter baik, di samping memiliki kepintaran yang memadai.

Silalahi menjelaskan, hingga saat ini, sekolah unggulan SMU plus Soposurung Balige, sudah banyak menghasilkan alumni yang telah menyelesaikan pendidikan strata satu dan bahkan mencapai gelar doktor dari perguruan tinggi luar negeri.

Menurut dia, para alumni dari SMU Balige ini sudah banyak yang menjadi PNS di departemen-departemen pemerintahan, wiraswata dan di luar negeri. "Masalah membina sumber daya manusia butuh waktu yang lama, yakni paling tidak satu generasi atau berkisar 25 tahun," kata Silalahi.

Bupati Toba Samosir, Kasmin Simanjuntak menyambut baik rencana TBSilalahi untuk mendirikan lembaga pendidikan tinggi di Kabupaten tersebut. Pemerintah daerah setempat, kata dia, akan terus mendukung kemajuan dunia pendidikan yang berkesinambungan dan berkelanjutan.

"Perguruan tinggi yang dibangun akan mendorong peningkatan sumber daya manusia sejalan dengan perkembangan kemajuan dunia pendidikan," katanya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement