Kamis 24 Jul 2014 10:47 WIB

Harga Kebutuhan Pokok di Solo Stabil

Red: Julkifli Marbun
Kebutuhan Pokok
Foto: Republika/Prayogi
Kebutuhan Pokok

REPUBLIKA.CO.ID, SOLO -- Harga beberapa kebutuhan pokok di sejumlah pasar tradisional di Kota Solo, Jawa Tengah, Kamis atau H-4 Lebaran stabil, karena persediaan barang cenderung melimpah baik di tingkat pedagang maupun distributor.

Berdasarkan pantauan di Pasar Kleco dan Legi di Kota Solo, menyebutkan, harga gula pasir, telur, beras, dan minyak goreng curah rata-rata dijual dengan harga stabil seperti sebelumnya, karena stok melimpah, sedangkan kondisi pasar normal.

Menurut Sidig (35) pedagang di Pasar Kleco Solo, harga telur ayam di pasar tersebut dijual stabil Rp16.000 per kilogram. Harga ini, sempat melonjak pada awal bulan Puasa hingga Rp19.000/kg.

Harga beberapa kebutuhan pokok lainnya, kata Sidiq, gula pasir dijual bertahan Rp9.500/kg, beras C4 mulai Rp8.300/kg hingga Rp9.500/kg atau tergantung jenisnya, minyak goreng curah kualitas biasa dijual Rp12.000/kg dan super Rp18.000/kg.

Sayumi pedagang di Pasar Legi Solo, menjelaskan, meski permintan pasar terhadap beberapa barang kebutuhan pokok sedikit meningkat menjelang Lebaran ini, tetapi harag tetap stabil. Hal ini, karena pasokannya ke pasar dari tingkat distributor, cenderung melimpah.

"Saya yakin harga kebutuhan pokok akan cenderung stabil hingga Lebaran ini," kata Sayumi.

Johan pedagang di Pasar Kleco menjelaskan harga daging ayam beberapa hari ini rata-rata dijual stabil yakni Rp28 ribu/kg, sedangkan permintaan belum ada kenaikan yang signifikan mendekati Lebaran ini.

Menurut dia, para pedagang belum berani menambah stok daging ayam, karena masih menunggu kondisi pasar hingga H-3 Lebaran.

Pedagang lain, Sumiatun menjelaskan, bahwa harga daging sapi kualitas baik di Pasar Kleco mendekati Lebaran ini, rata-rata ditawarkan Rp90 ribu per kg, sedangkan stok di pasar cukup.

Menurut dia, pada H-4 Lebaran ini, permintaan daging sapi belum meningkat. Namun, pedagang berharap pada H-2 Lebaran permintaan akan meningkat.

Sementara harga stabil juga terjadi pada sejumlah jenis sayuran seperti cabai, bawang merah, dan putih di Pasar Kleco, karena stoknya melimpah.

Menurut Sumiyem, pasokan sayuran di Pasar Kleco dari daerah sentra seperti Selo dan Cepogo Boyolali, serta Tawangmangu Karangnyar berjalan lancar.

Ia menjelaskan, cabai rawit merah rata-rata dijual Rp10.000/kg, cabai merah besar Rp10.000/kg, bawang merah Rp24 ribu/kg, dan bawang putih Rp15 ribu/kg.

Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kota Surakarta, Rohana, mengatakan, pihaknya menurunkan petugas untuk memantau harga-harga di sejumlah pasar tradisional seperti Pasar Gede, Legi dan Kleco.

Menurut Rohana, stabilnya harga kebutuhan pokok tersebut, karena melimpahnya barang yang ada di tingkat produsen, penyalur dan pedagang di pasar.

Oleh karena itu, kata dia, dengan melimpahnya stok barang tersebut tidak mampu mendongkrak kenaikan harga di pasaran, meski permintaan pada Hari Raya Idul Fitri cenderung meningkat.

"Kami yakin jika barang-barang itu terus melimpah, maka ke depannya tidak akan ada kenaikan harga yang signifikan di tingkat poedagang atau pengecer," katanya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement