Kamis 07 Aug 2014 19:59 WIB

Gol Boaz dan Pahabol Menangkan Persipura

Red: Citra Listya Rini
Boaz Solossa
Foto: Antara/Ismar Patrizki
Boaz Solossa

REPUBLIKA.CO.ID, JAYAPURA -- Persipura Jayapura menumbangkan tamunya Persisam Samarinda berkat sumbangan dua gol dari kaki kapten tim Boaz Salossa dan Ferinando Pahabol dalam laga lanjutan Liga Super Indonesia musim 2014 di stadion Mandala, Jayapura, Kamis (7/8) petang.

Boaz yang baru sembuh dari cidera kakinya itu berhasil melepaskan tendangan keras dimenit 79 ke gawang Persisam Samarinda yang dikawal Rivky Mokodompit. Pemain terbaik LSI 2013 itu menerima umpan manis dari Ferinando Pahabol yang masuk menggantikan Nelson Alom didalam kotak pinalti lawan.

Boaz yang tidak terkawal oleh M. Roby dan kawan-kawan disisi kanan area terlarang lawan langsung melepaskan tendangan keras kearah kiri pojok gawang yang tidak bisa dijangkau oleh mantan kiper Sriwijaya FC itu.

Sebelum membobol gawang Persisam, beberapa menit sebelumnnya Persipura mendapat kesempatan mencetak gol lewat titik putih, namun Boaz gagal mengeksekusi. Pada menit ke-80 Persipura akhirnya menambah gol. Gantian Ferinando Pahabol yang menjebol gawang Pesut Mahakam, julukan Persisam Samarinda.

Proses golnya begitu cepat dan menghibur penonton di lapangan Mandala Jayapura. Mantan pemain Persidafon Dafonsoro itu berhasil mendapatkan umpang matang dari Boaz di sayap kiri pertahanan lawan.

Dengan cepat pemain bertubuh mungil itu membawa bola dari sisi kiri pertahanan lawan hingga masuk kedalam kotak pinalti dan melepaskan tendangan keras terukur dipojok atas gawang kiper Rivki asal Sulawesi Utara itu.

Skor 2-0, untuk keunggulan Persipura atas tamunya Persisam Samarinda bertahan hingga tambahan waktu dua menit. Tim Persisam yang dinahkodai oleh mantan pelatih timnas Indonesia, Nil Maizar bukannya tidak punya peluang untuk mencetak gol.

Berbagai upaya dan cara yang diperagakan oleh Bayu Gatra, Joko Sasongko, Sultan Samma dan Iluja Spasojevic dari sisi kiri dan kanan pertahanan Mutiara Hitam, julukan tuan rumah Persipura Jayapura belum mampu dikonversi jadi gol.

Nil Maizar usai pertandingan memberikan apresiasi kepada anak asuhnya yang mampu menahan imbang skuad asuhan Jacksen F Tiago hingga menit 80-an.

"Anak-anak sudah menjalankan taktik dengan baik terbukti bisa menahan imbang tuan rumah hingga tersisa 10 menit akhir. Gol yang tercipta memang murni kurang koordinasi," katanya.

Jacksen F Tiago mengaku kemenangan tersebut merupakan modal utama sebelum timnya bertolak ke Balikpapan melawan Persiba pada Jumat (8/8) besok.

"Saya berikan apresiasi lebih kepada anak-anak yang terus berjuang hingga tercipta gol. Mereka benar-benar menjalankan semua program latihan hingga membuktikannya dilapangan," katanya.

Klasemen Liga 1 Musim 2024
Pos Team Main Menang Seri Kalah Gol -/+ Poin
1 Persebaya Surabaya Persebaya Surabaya 7 5 2 0 7 5 17
2 Pusamania Borneo Pusamania Borneo 7 4 3 0 10 7 15
3 Bali United Bali United 7 4 2 1 12 6 14
4 Persib Bandung Persib Bandung 7 3 4 0 13 6 13
5 PSM Makassar PSM Makassar 7 3 3 1 9 5 12
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement