Senin 11 Aug 2014 12:55 WIB

Angkat Hendro Jadi Penasihat, Jokowi Tidak Libatkan PDIP

Rep: Muhammad Akbar Wijaya/ Red: M Akbar
AM Hendropriyono
Foto: Antara
AM Hendropriyono

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Ketua Bidang Hukum DPP PDI Perjuangan, Trimedya Panjaitan, mengatakan keputusan mengangkat mantan Kepala Badan Intelejen Negara (BIN), A.M. Hendropriyono sebagai penasihat Tim Transisi sepenuhnya dilakukan Joko Widodo (Jokowi).

Trimedya mengatakan Jokowi tidak membahasnya dengan PDI Perjuangan. "Itu keputusan Pak Jokowi. Tidak dibahas dengan PDI Perjuangan," kata Trimedya saat dihubungi ROL, Senin (11/8).

PDI Perjuangan tidak mempersoalkan sikap Jokowi yang mengambil keputusan sendiri. Menurut Trimedya sikap Jokowi justru mencerminkan keyakinan memutuskan. "Pak Jokowi tentu sudah berpikir matang. Kalau dia ragu pasti konsultasi dengan saya," ujar Trimedya.

Trimedya percaya pengangkatan Hendro tidak akan mengganggu agenda penyelesaian kasus hak azasi manusia (HAM) di pemerintahan Jokowi mendatang. Sebab menurutnya kewenangan tim transisi hanya bersifat teknis yang membahas bagaimana pemerintahan bisa berjalan efektif.

 

Di sisi lain Trimedya juga membela Hendro dari tuduhan sejumlah aktifis HAM yang menyebut Hendropriyono terlibat dalam kasus kekerasan Talangsari dan bertanggungjawab terhadap pembunuhan aktivis HAM Munir.

Menurut Trimedya berbagai tuduhan yang dialamatkan kepada Hendro tidak terbuktikan secara hukum. "Itu semua kan baru dugaan. Belum terbuktikan," katanya.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement