Jumat 29 Oct 2021 21:22 WIB

Polda Aceh Amankan Lima Orang Diduga Terlibat Penembakan

Pos polisi Panton Reu diberondong dengan senjata api pada Kamis (28/10) dini hari.

Red: Agus raharjo
Tim inafis dari Polres Aceh Barat berjaga di lokasi  penembakan  Pos Polisi Kecamatan Panton Reu, Aceh Barat, Aceh, Kamis (28/10/2021).  Sebanyak 38 selongsong proyektil peluru yang terdiri dari kaliber 311.1,6 (16 selongsong) dan Kaliber 5,56 (22 selongsong), ditemukan di lokasi penembakan pos polisi Kecamatan Panton Reu, Aceh Barat, Aceh.
Foto: ANTARA/Kanaya Afiqah
Tim inafis dari Polres Aceh Barat berjaga di lokasi penembakan Pos Polisi Kecamatan Panton Reu, Aceh Barat, Aceh, Kamis (28/10/2021). Sebanyak 38 selongsong proyektil peluru yang terdiri dari kaliber 311.1,6 (16 selongsong) dan Kaliber 5,56 (22 selongsong), ditemukan di lokasi penembakan pos polisi Kecamatan Panton Reu, Aceh Barat, Aceh.

REPUBLIKA.CO.ID, BANDA ACEH--Tim Direktorat Reserse Kriminal Umum Polda Aceh dan Satuan Reserse Kriminal Umum Polres Aceh Barat mengamankan lima orang diduga terlibat penembakan pos polisi di Kabupaten Aceh Barat. Kepala Bidang Humas Polda Aceh Kombes Pol Winardy mengatakan, kelima orang tersebut diamankan untuk proses pemeriksaan dan pendalaman kasus penembakan pos polisi di Panton Reu.

"Mereka yang diamankan tersebut statusnya sebagai saksi. Mereka diperiksa untuk pendalaman informasi guna mengungkap motif dan alibi penembakan pos polisi tersebut," kata Kombes Pol Winardy di Banda Aceh, Jumat (29/10).

Menurut Kombes Pol Winardy, pemeriksaan mereka terkait alat bukti yang dimiliki penyidik. Jika ada dari mereka yang diduga terlibat, maka akan ditetapkan sebagai tersangka dan dilakukan penyidikan sesuai ketentuan yang berlaku.

"Kami masih menunggu informasi terbaru dari tim Direktorat Reserse Kriminal Umum, apakah lima orang yang diperiksa tersebut terlibat penembakan atau tidak. Pemeriksaan mereka sesuai alat bukti dan keterangan dihimpun di tempat kejadian perkara," kata Kombes Pol Winardy.

Sebelumnya, Kombes Pol Winardy mengatakan Polda Aceh memburu orang tidak dikenal yang diduga memberondong dengan senjata api pos polisi di Panton Reu, Polres Aceh Barat. "Pos polisi tersebut berada di Gampong Manggi, Kecamatan Panton Reu, Kabupaten Aceh Barat. Polda Aceh menurunkan tim memburu terduga pelaku. Penembakan pos polisi tersebut terjadi Kamis (28/10) pukul 03.15 WIB," kata Kombes Pol Winardy.

Kombes Pol Winardy mengatakan petugas menemukan selongsong dan beberapa proyektil peluru dengan kaliber 7,62x39 milimeter dan 5,56x45 milimeter saat olah tempat kejadian perkara (TKP). "Ada selongsong dan proyektil peluru yang menempel di dinding Pos Pol dan pada mobil masyarakat yang parkir di sekitar pos polisi tersebut. Tidak ada korban jiwa dan kerugian materi sedang diinventarisir," kata Winardy.

Ia mengatakan tim yang diturunkan ke lokasi dari Direktorat Reserse Kriminal Umum Polda Aceh didukung personel Satuan Reserse Kriminal Polres Aceh Barat mengejar terduga pelaku serta mendalami motif penembakan dan hal lain yang mungkin saja terjadi. Polda Aceh, kata Kombes Pol Winardy, menyayangkan penembakan tersebut di saat semua elemen masyarakat sedang bekerja keras menanggulangi pandemi Covid-19.

"Kami menyayangkan ada juga orang melakukan aksi yang dapat mengganggu keamanan dan ketertiban masyarakat. Polisi terus memburu pelaku. Kami mengimbau masyarakat tetap tenang dan tidak terprovokasi," ujar Winardy.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement