Senin 22 Oct 2018 08:27 WIB

Ke Jatim, Prabowo-Sandi Lakukan Napak Tilas Resolusi Jihad

Napak tilas resolusi jihad dimulai dari Pondok Pesantren Tebu Ireng

Rep: Febrianto Adi Saputro/ Red: Esthi Maharani
Salah satu sudut Pondok Pesantren Tebuireng di Jombang, Jawa Timur.
Foto: garambang.info
Salah satu sudut Pondok Pesantren Tebuireng di Jombang, Jawa Timur.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Calon Presiden (Capres) Prabowo Subianto dan Calon Wakil Presiden Sandiaga Salahuddin Uno kembali menyambangi  Jawa Timur. Dalam kunjungannya kali ini, Prabowo dan Sandiaga bersama rombongan akan melakukan napak tilas resolusi jihad yang dimulai dari Pondok Pesantren Tebu Ireng, Jombang, Jawa Timur.

"Dalam agenda di Jawa Timur kali ini, Pak Prabowo dan Pak Sandi akan melakukan napak tilas resolusi jihad yang diserukan oleh KH Hasyim Asy'ari untuk melawan penjajah dan mempertahankan kedaulatan NKRI. Kegiatan tersebut dimulai dengan apel 5000 santri di Pondok Pesantren Tebu Ireng, Jombang," kata Ketua DPP Partai Gerindra, Chusni Mubarok dalam keterangan tertulis yang diterima Republika, Senin (22/10).

Chusni menjelaskan, semangat Prabowo Subianto dan Sandiaga Salahuddin Uno dalam mempertahankan kedaulatan NKRI sangat terinspirasi dari resolusi jihad itu. Ia menjelasjan, cikal bakal semangat pertempuran 10 November 1945 di Surabaya tidak terlepas dari resolusi jihad tersebut.

"Bagi pak Prabowo dan pak Sandi resolusi jihad merupakan tonggak perjuangan dan bagian sejarah yang tidak bisa dilepaskan dari pertempuran 10 November 1945 melawan penjajah yang kini menjadi hari pahlawan nasional," katanya.

Wasekjen Pimpinan Pusat GP Ansor itu menjelaskan, dalam kegiatan napak tilas resolusi jihad tersebut Prabowo dan Sandi juga direncanakan bersilahturahmi dengan Pengasuh Pondok Pesantren Tebu Ireng KH Salahuddin Wahid atau yang akrab disapa Gus Solah. Setelah rencananya akan dilanjutkan berziarah ke makam KH Hasyim Asy'ari.

Ia menambahkan rencananya Prabowo dan Sandi juga akan menyapa dan berdialog dengan para santri di Ponpes Tebu Ireng. Setelah itu Prabowo dan Sandi juga akan mengunjungi Ponpes Mambaul Ma'arif Denanyar Jombang untuk bersilahturahmi dengan para pengurus pondok pesantrennya serta berziarah ke makam KH Bisri Syansuri yang juga merupakan seseorang ulama besar di Jawa Timur.

Tidak hanya itu, Chusni menuturkan Prabowo dan Sandi juga akan melanjutkan perjalanannya ke pondok pesantren Bahrul Ulum Tambakberas, Jombang. Disana, mereka akan melakukan ziarah ke makam pahlawan nasional sekaligus pendiri organisasi islam terbesar di Indonesia Nahdlatul Ulama yakni KH Wahab Chasbullah yang rencananya akan didampingi langsung oleh putra Mbah Wahab yakni KH Hasib Wahab Chasbullah.

"Kegiatan silaturahmi kepada para Kyai dan santri serta ziarah ke makam para pejuang bangsa itu merupakan rangkaian kegiatan napak tilas resolusi jihad yang akan dilakukan oleh Pak Prabowo dan Pak Sandi selama di Jawa Timur ini," ucapnya. (Febrianto Adi Saputro)

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement