Rabu 11 May 2022 08:46 WIB

Instruksi Jokowi Tegaskan Pemilu Digelar 2024

Instruksi tersebut sekaligus mengingatkan agar anggaran pemilu segera dipersiapkan.

Rep: Febrianto Adi Saputro/ Red: Teguh Firmansyah
Presiden Joko Widodo.
Foto: Antara/Hafidz Mubarak A
Presiden Joko Widodo.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Direktur Eksekutif Voxpol Center Research and Consulting, Pangi Syarwi Chaniago merespons positif pernyataan Presiden Joko Widodo (Jokowi) yang menginstruksikan jajarannya untuk fokus mempersiapkan pemilu 2024 pada pertengahan tahun ini. Pangi menilai instruksi tersebut penegasan dari Jokowi bahwa tak ada lagi wacana penundaan pemilu.

"ini kan untuk mempertegas saja, memperjelas, mempertegas, menginstruksikan agar tahapan pemilu ini seusai dengan proses yang sudah diagendakan per tanggal 14 Februari 2024," kata Pangi kepada Republika.co.id, Selasa (10/5).

Baca Juga

Menurut dia instruksi tersebut sekaligus mengingatkan agar anggaran pemilu segera dipersiapkan. Diharapkan DPR dan Pemerintah dapat segera ketok palu terkait anggaran pemilu di tahun ini  "2022 ini sudah dibahas tapi belum diputuskan kan, belum ditetapkan anggarannya, itu kan mengarah sindiran ke sana sebetulnya, jadi kalau sudah bicara tahapan tentu anggaran harus siap juga," ujarnya.

Anggota Komisi II DPR Muhammad Rifqinizamy Karsayuda mengatakan, pihaknya sejalan dengan instruksi Presiden Joko Widodo terkait pelaksanaan pemilihan umum (Pemilu) 2024. Nantinya, Komisi II akan menggelar rapat bersama dengan pemerintah, Komisi Pemilihan Umum (KPU), dan Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) membahas aturan turunannya.

"Karena itu pada 13 sampai 15 Mei yang akan datang, kami akan melakukan pendalaman terkait dengan rancangan PKPU dan Perbawaslu terkait dengan tahapan-tahapan tersebut," ujar Rifqi saat dihubungi, Selasa (10/5).

Komisi II bersama pemerintah, KPU, dan Bawaslu juga akan segera melakukan finalisasi terhadap anggaran Pemilu 2024. Dua agenda tersebut disebutnya sebagai upaya agar pesta demokrasi tersebut berjalan dengan sukses.

Sebelumnya Presiden Joko Widodo (Jokowi) menginstruksikan jajarannya baik menteri dan kepala lembaga agar fokus bekerja menyelenggarakan tahapan pemilu 2024 yang mulai pada pertengahan tahun ini. Hal ini disampaikannya saat memberikan arahan dalam Sidang Kabinet Paripurna di Istana Negara, Jakarta, Senin (9/5).

"Yang berkaitan dengan tahapan pemilu 2024 yang sudah akan dimulai pertengahan tahun ini, saya juga minta menteri, kepala lembaga agar fokus betul-betul bekerja di tugasnya masing-masing," kata Jokowi saat memberikan pengantar di Sidang Kabinet Paripurna.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement